Meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggunting pola gambar di tk kartini 3 bumiharjo glenmore banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023

waqidah, nikmatul laili (2024) Meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggunting pola gambar di tk kartini 3 bumiharjo glenmore banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nikmatul Laili Waqidah_T20195015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nikmatul Laili Waqidah, 2023 : Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 5-6
Tahun Melalui Kegiatan Menggunting Pola Gambar Di TK Kartini
3 Bumiharjo Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : Menggunting Pola Gambar, motorik halus
Aktivitas motorik anak usia Taman Kanak-Kanak bertujuan untuk melatih
kemampuan koordinasi motorik anak. Koordinasi antara mata dan tangan dapat
dikembangkan melalui kegiatan bermain membentuk atau memanipulasi dari
tanah liat atau lilin, adonan, mewarnai, menggunting, merangkai benda dengan
benang, memotong dan menjiplak bentuk. kegiatan menggunting membutuhkan
keterampilan menggerakkan otot-otot tangan dan jari-jari untuk mengkoordinasi
dalam menggunting sehingga dapat emoting kertas, kain atau yang lain sesuai
dengan yang diinginkan seperti: menggunting yang berpola, menggunting dan
melipat untuk berbentuk gambar, berbentuk pola ataupun yang lainnya.
Fokus penelitian ini adalah : 1)Bagaimana kegiatan menggunting dalam
meningkatkan motorik halus anak usia 5-6 tahun kelas B di TK Kartini 3
Bumiharjo Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2)Bagaimana
kegiatan menggunting sesuai pola gambar dalam meningkatkan motorik halus
anak usia 5-6 tahun kelas B di TK Kartini 3 Bumiharjo Glenmore Banyuwangi
Tahun Pelajaran 2022/2023 ?
Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam sksripsi ini ialah
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk
teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: 1) Dalam peningkatan motoric
halus anak yang awalnya kurang mampu dalam menggunakan gunting setelah
adanya penelitian ini anak sudah mulai berkembang motoric halusnya melalui
kegiatan menggunting. kegiatan menggunting yang dilakukan di TK Kartini 3
Bumiharjo sudah terlaksana dan sesuai dengan prosedur langkah-langkah
pelaksanaan menggunting. 2) Dalam kegiatan menggunting pola gambar anak
yang awalnya kurang mampu dalam menggunting pola gambar setelah adanya
penelitian ini anak sudah mulai berkembang motoric halusnya, yang awal
guntingannya masih belum sesuai dengan pola sekarang sudah mulai bisa dalam
menggunting sesuai pola gambar. Beberapa persiapan yang harus dilakukan, yaitu
sebelum kegiatan menggunting dimulai, guru menyiapkan alat seperti gunting,
menyiapkan kertas, menyiapkan kertas yang berisi pola garis, pola zig zag, pola
garis lengkung, pola lingkaran, sampai pola dengan bentuk-bentuk tertentu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nikmatul laili waqidah
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:39
Last Modified: 27 Dec 2024 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38814

Actions (login required)

View Item View Item