Strategi Komunikasi Pemerintah Desa dalam Mewujudkan Mall Pelayanan Publik di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Pelayanan Publik, Media Komunikasi.

Lestari, Ayu (2024) Strategi Komunikasi Pemerintah Desa dalam Mewujudkan Mall Pelayanan Publik di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Kata kunci: Strategi Komunikasi, Pelayanan Publik, Media Komunikasi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI - AYU LESTARI[1] (Autosaved)[1] (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Ayu Lestari, 2024: Strategi Komunikasi Pemerintah Desa dalam Mewujudkan
Mall Pelayanan Publik di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Pelayanan Publik, Media Komunikasi.
Layanan digital di era saat ini sudah menjadi komponen utama dalam
menunjang kegiatan pemerintahan tentunya, dengan adanya perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi sudah pasti tidak akan pernah bisa jauh dari
penggunaan internet begitupun dalam kehidupan sehari-hari. Pemerintah Desa
Sidomulyo cukup berani untuk mengambil langkah untuk menjadi desa digital,
dengan kondisi masyarakatnya yang hidup jauh dari perkembangan teknologi.
Lebih tepatnya masyarakat Sidomulyo sangat minim pengetahuan tentang
perkembangan teknologi, hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan
terwujudnya layanan digital di Desa Sidomulyo. Selain itu, lambatnya proses
layanan administrasi banyak menjadi persoalan bagi masyarakat, sehingga perlu
adanya langkah untuk menciptakan layanan dengan menggabungkan tranformasi
digital dan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, dan juga aman bagi
masyarakat yaitu Mall Pelayanan Publik.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi komunikasi pemerintah
desa dalam mewujudkan Mall Pelayanan Publik berbasis aplikasi MallDesa
kepada masyarakat Sidomulyo. 2) Apa saja media yang digunakan pemerintah
desa dalam menyampaikan Mall Pelayanan Publik berbasis aplikasi MallDesa
kepada Masyarakat Sidomulyo. 3) Apa saja tantangan pemerintah desa dalam
menyampaikan Mall Pelayanan Publik berbasis aplikasi MallDesa kepada
masyarakat Sidomulyo.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana strategi
komunikasi yang digunakan pemerintah desa dalam mewujudkan Mall Pelayanan
Publik berbasis aplikasi MallDesa kepada masyarakat Sidomulyo. 2) Untuk
mengetahui apa saja media yang digunakan pemerintah untuk menyampaikan
Mall Pelayanan Publik berbasis aplikasi MallDesa kepada masyarakat Sidomulyo.
3) Untuk mengetahui apa saja tantangan pemerintah desa dalam menyampaikan
Mall Pelayanan Publik berbasis aplikasi MallDesa kepada masyarakat Sidomulyo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi sebagai sumber data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, 1)
Pemerintah Desa Sidomulyo menggunakan enam tahapan atau strategi dalam
mewujudkan Mall Pelayanan Publik di antaranya, mengidentifikasi masalah,
musyawarah, sosialisasi, mengadakan give away, evaluasi, dan mempertahankan
program. 2) Media komunikasi yang digunakan adalah media sosial seperti
WhatsApp, Instagram, TikTok, dan YouTube untuk menyalurkan segala bentuk
informasi mengenai Mall Pelayanan Publik dan 3) Tantangan yang dihadapi
pemerintah Desa Sidomulyo, terdapat dua faktor di antaranya faktor internal dan
faktor eksternal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ayu Lestari
Date Deposited: 27 Dec 2024 03:16
Last Modified: 27 Dec 2024 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38825

Actions (login required)

View Item View Item