Nawawi, Muhamad Ihsan (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MTS MA’ARIF NU NURUL ISLAM BADES PASIRIAN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
MUHAMAD IHSAN NAWAWI_T20193141.pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhamad Ihsan Nawawi, 2024: Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Mts Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang.
Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana,Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Manajemen Sarana dan Prasarana adalah proses pengelolaan yang bertujuan untuk memastikan ketersediaan, pemeliharaan, dan pengembangan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi, institusi, atau perusahaan agar dapat berfungsi dengan efektif dan efisien. Sarana dan prasarana mencakup segala fasilitas fisik dan material yang mendukung berlangsungnya kegiatan, seperti gedung, peralatan, jaringan listrik, dan infrastruktur lainnya.
Fokus penelitian ini adalah (1).Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana di MTs Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang? (2).Bagaimana implementasi manajemen sarana dan prasarana di MTs Ma’arif Nurul Islam Pasirian Lumajang? (3). Bagaimana implikasi manajemen sarana dan prasarana bagi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan sarana dan prasarana di MTs Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang. (2) Mendeskripsikan implementasi manajemen sarana dan prasarana di MTs Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang. (3). Mendeskripsikan implikasi manajemen sarana dan prasarana bagi guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MTs Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang.
Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik, Member Check.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu:1). Perencanaan sarana dan prasarana di MTs Ma’arif Nurul Islam Pasirian Lumajang berfokus pada identifikasi kebutuhan fasilitas, skala prioritas kebutuhan, penetapan. Perencanaan yang tepat diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran secara efektif dan berkelanjutan. 2). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di MTs Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang fokus pada pengadaan, iventarisasi, dan pemeliharaan yang baik. Kolaborasi dan teknologi mengoptimalkan pengelolaan, meski ada tantangan, sehingga mendukung perkembangan madrasah dan meningkatkan kualitas pendidikan. 3). Manajemen sarana dan prasarana di MTs Ma’arif Nurul Islam Bades Pasirian Lumajang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengelolaan yang baik menyediakan fasilitas yang memadai, menciptakan lingkungan belajar kondusif, mendukung tugas guru, dan berdampak positif pada pemahaman materi serta prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Muhamad Ihsan Nawawi |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 06:31 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 06:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38827 |
Actions (login required)
View Item |