Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Booklet Materi Norma dan Adat Istiadat dalam Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember

Zulfa, Arina (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Booklet Materi Norma dan Adat Istiadat dalam Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARINA ZULFA_204101040022_.pdf

Download (13MB)

Abstract

Keberadaan bahan ajar dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh besar dalam optimalisasi kualitas belajar. Kurangnya penerapan bahan ajar pada proses pembelajaran terjadi karena guru hanya berpatokan pada buku paket dan LKS saja tanpa sumber belajar pendukung, sehingga menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan berakhir pada menurunya hasil belajar. Faktor utamanya karena kurangnya kreativitas, inovasi, dan pengetahuan guru terhadap bahan ajar khususnya pada pembelajaran IPAS. Oleh karena itu perlunya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik, salah satunya yaitu dengan penggunaan bahan ajar E-Booklet yang berguna untuk meningkatkan motivasi, semangat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk menghasilkan produk Bahan Ajar Berbasis E-Booklet Materi Norma dan Adat Istiadat Dalam Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPAS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. 2) Untuk mengetahui kelayakan Bahan Ajar Berbasis E-Booklet Materi Norma dan Adat Istiadat Dalam Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. 3) Untuk mengetahui kepraktisan Bahan Ajar Berbasis E-Booklet Materi Norma dan Adat Istiadat Dalam Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. 4) Untuk mengetahui keefektifan Bahan Ajar Berbasis E-Booklet Materi Norma dan Adat Istiadat Dalam Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan test.
Hasil penelitian yaitu 1) Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah Bahan Ajar E-Booklet Materi Norma dan Adat Istiadat Dalam Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. 2) Hasil kelayakan Bahan Ajar E-Booklet berdasarkan validasi ahli media 95% dengan kategori ”Sangat layak”. Validasi ahli materi 90,90% dengan kategori ”Sangat layak” dan validasi guru 92,72% dengan kategori ’Sangat layak” yang artinya Bahan Ajar E-Booklet layak digunakan dalam pembelajaran IPAS. 3) Kepraktisan Bahan Ajar E-Booklet diperoleh dari respon peserta didik dalam skala besar memperoleh presentase 93% dengan kategori keduanya ”Sangat Praktis”.4) Keefektifan hasil belajar menggunakan bahan ajar E-Booklet diperoleh dari hasil pretets sebesar 40% dan posttest sebesar 93%. Peningkatan hasil belajar menggunakan N-Gain adalah 0,89 dengan kategori ”Tinggi”. Tafsiran nilai presentasi 89,69% tergolong kategori ”Efektif” yang artinya penggunaan Bahan Ajar E-Booklet dapat meningkatkan efektifitas dalam pembelajaran IPAS.
Kata Kunci : Pengembangan, E-Booklet, Norma dan Adat Istiadat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Booklet, Norma dan Adat Istiadat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Arina Zulfa
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:18
Last Modified: 30 Dec 2024 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38856

Actions (login required)

View Item View Item