MUHAMMAD, ABQORIY (2021) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
MUHAMMAD ABQORIY_T20171259.pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Abqoriy, 2021 “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021” Kata kunci: model pembelajaran, accelerated learning tipe MASTER, hasil belajar akidah akhlak Kualitas dan keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam merancang suatu kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran harus di rancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Salah satu indikator keberhasilan pendidikan adalah mengacu pada hasil yang di dapat dalam proses pembelajaran. salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran accelerated learning tipe mind, acquire, search, triger, exhibit, dan reflect (MASTER). Model pembelajaran tipe MASTER adalah salah satu model pembelajaran accelerated learning (pembelajaran dipercepat) yang mengajarkan siswa untuk memahami bagaimana cara belajar yang menyenangkan dan keratif serta cara berpikir kritis dengan menggunakan langkah yaitu mind, acquire, search, triger, exhibit, dan reflect. Fokus penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2020/2021. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebenarnya (true experimental). Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII namun karena keterbatasan kondisi dan waktu maka sampel yang digunakan hanya kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t (t-test). Sesuai dengan analisis data yang berdasarkan dari perhitungan uji t pada taraf sig. 0,05 (5%) dengan data yang dianalisis adalah beda skor hasil belajar antara kelas eksperimen (kelas VIII A) dan kelas kontrol (kelas VIII B). Perhitungan menunjukkan nilai thitung adalah 2,065 > t tabel 2,00758 yang artinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning terhadap tingkat hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2020/2021. Selain itu, dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif (ER) yang menunjukkan nilai sebesar 38,57 % yang artinya bahwa pencapaian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran accelerated learning 38,57 % lebih efektif daripada model pembelajaran ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:52 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3887 |
Actions (login required)
View Item |