Habibatul Masruroh, - (2020) Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini Kelompok A2 Melalui Keteladanan Guru Di Raudhatul Athfal (RA) As Shofa, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Text
Habibatul Masruroh_T20165104.pdf Download (4MB) |
Abstract
Habibatul Masruroh, 2020: Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini Kelompok A2 Melalui Keteladanan Guru Di Raudhatul Athfal (RA) As Shofa, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Kecerdasan anak didik pada usia 4-5 tahun anak mulai patuh terhadap tuntutan atau aturan orang tua dan lingkungan sosialnya, misalnya hadir tepat waktu, berbaris rapi dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Sebagaimana di RA As Shofa, kebiasaan menggunakan waktu yang produktif oleh anak didik dilihat masih kurang, kurang patuh terhadap aturan sekolah seperti hadir tepat wkatu, berbaris rapi dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan oleh sebab itu perlu upaya upaya guru untuk meminimalisir kurangnya sikap disiplin peserta didik. Fokus penelitian ini adalah:1): Bagaimana peningkatan disiplin waktu anak usia dini kelompok A2 melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi Jember?, 2) Bagaimana peningkatan disiplin Berbaris rapi anak usia dini kelompok A2 melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi Kabupaten Jember tahun pelajaran 2019/2020?, 3) Bagaimana peningkatan disiplin mencuci tangan anak usia dini kelompok A2 melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peningkatan disiplin waktu pada anak usia dini kelompok A2 melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi kabupaten Jember, 2) Mendeskripsikan peningkatan disiplin berbaris rapi pada anak usia dini kelompok A2 melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi Kabupaten Jember, dan 3) Mendeskripsikan peningkatan disiplin mencuci tangan pada anak usia dini kelompok A2 melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi Jember?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini sebagai berikut :1) Peningkatan disiplin waktu pada anak usia dini melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi kabupaten Jember. Dalam upaya menanamkan perilaku disiplin pada anak, pendidik RA As Shofa memberikan bentuk pembiasaan hadir tepat waktu sebelum bel sekolah masuk yang dilakukan terus menerus diharapkan dapat bermanfaat bagi anak anak untuk melatih disiplin serta tanggung jawab anak dan membiasakan anak untuk melatih mentaati aturan sebelum bel sekolah di mulai. 2) Peningkatan disiplin berbaris rapi pada anak usia dini melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi kabupaten Jember. Guru memberikan bentuk bentuk disiplin salah satunya berbaris rapi sebelum masuk kelas yang dilaksanakan setiap hari sebelum masuk kelas. Kedisiplinan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi anak untuk melatih kerapian, sosial emosional anak, dan membiasakan anak untuk mentaati aturan sebelum belajar. 3) Peningkatan disiplin mencuci tangan pada anak usia dini melalui keteladanan guru di RA As Shofa Sukorambi kabupaten Jember. yaitu untuk melatih anak dalam melaksanakan aturan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan agar anak didik menjaga kebersihan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:56 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3890 |
Actions (login required)
View Item |