Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam Berbasis Daring di SMP Negeri 8 Jember.

Rita Ayu Ningrum, - (2021) Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam Berbasis Daring di SMP Negeri 8 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Rita Ayu Ningrum_ T20161245.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rita Ayu Ningrum, T20161245 : Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam Berbasis Daring di SMP Negeri 8 Jember. Kata Kunci: Kolaborasi, Peran Orang tua, PAI, Berbasis Daring Kemitraan orang tua dan guru harus saling melengkapi bahkan antara guru dan orang tua telah terjalin persahabatan dalam hal mendidik anak hubungan ini sangat diperlukan terlebih ditengah pandemi covid -19. fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai pendidik dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember?, 2) Bagaimana kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai motivator dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember ?, 3) Bagaimana kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1.) Mendeskripsikan dan menganalisa kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai pendidik dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember 2.) Mendeskripsikan dan menganalisa kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai motivator dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember 3.) Mendeskripsikan dan menganalisa kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang di kemukakan oleh Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini mendapatkan beberapa hal penting : (1) kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai pendidik dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember : Saling bekerjasama dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pendidik yakni mendidik, mengasuh dan menuntun anak didik agar menjadi manusia dewasa bermoral agama, yang sudah diterapkan dengan baik. (2) Kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai motivator dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember: Kerjasama guru dan orang tua yang berperan sebagai motivator dalam memberikan semangat sangat beragam dan cukup baik, bentuk motivasi bisa melalui nasehat, pemberian hadiah dan pujian. ( 3) kolaborasi peran orang tua dan guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam berbasis daring di SMP Negeri 8 Jember : Hubungan kerjasama guru dan orang tua SMP Negeri 8 Jember dalam menunjang sarana dan prasarana belajar cukup berjalan dengan baik dan efektif, upaya untuk menjalin kerjasama yaitu dengan komunikasi efektif via whatsapp dan program home visit ketika menangani siswa bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:56
Last Modified: 26 Apr 2022 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item