Implementasi model open ended learning pada Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020.

HusnulKhotimah, - (2020) Implementasi model open ended learning pada Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruan ProgramStudiTadrisIlmuPengetahuanSosial.

[img] Text
HusnulKhotimah_T20169024.pdf

Download (13MB)

Abstract

Husnul Khotimah, 2020. Implementasi model open ended learning pada Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020. Pelaksanaan pembelajaran IPS secara ideal diharapkan menjadi sarana yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik untuk dapat menghadapi masalah-masalah diri dan lingkungannya. Inovasi sangat dibutuhkan dalam merancang program pembelajaran agar mampu membangkitkan motivasi serta minat siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar agar sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, dan tujuan pembelajaran IPS. Di MTs Bahrul Ulum Bondowoso, guru mata pelajaran IPS melakukan inovasi pembelajaran dengan menerapkan model open ended learning yakni model yang menyajikan problem terbuka dalam menjawab permasalahan berupa rendahnya motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan model open ended learning pada mata pelajaran IPS di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020?, (2) Bagaimana pelaksanaan model open ended learning pada mata pelajaran IPS di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020?, (3) Bagaimana evaluasi model open ended learning pada mata pelajaran IPS di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perencanaan model open ended learning pada mata pelajaran IPS di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan pelaksanaan model open ended learning pada mata pelajaran IPS di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020, (3) mendeskripsikan evaluasi model open ended learning pada mata pelajaran IPS di MTs Bahrul Ulum Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive. Analisis data yang digunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi (1) pengumpulan data (2) kondensasi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) perencanaan model open ended learning meliputi (a) penyusunan perangkat pembelajaran berupa RPP, (b) penyusunan open ended learning sebagai lembar kerja siswa. (2) pelaksanaan model open ended learning meliputi (a) kegiatan pendahuluan (b) kegiatan inti yang meliputi: penyajian, pengerjaan, dan evaluasi. (c) kegiatan akhir atau penutup. (3) evaluasi model open ended learning dilakukan berdasarkan pada: (a) pengamatan tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran (b) pengukuran hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:57
Last Modified: 26 Apr 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item