MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 1 PANTI KABUPATEN JEMBER

Baqil Aziz, Jihadi (2024) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 1 PANTI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi - Jihadi Baqil Aziz WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jihadi Baqil Aziz, 2024. Manajemen Ekstrakurikuler Pencak Silat dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 1 Panti Jember
Kata Kunci: Manajemen Ekstrakurikuler, Pencak Silat, Kedisiplinan Siswa
Manajemen ekstrakurikuler pencak silat memiliki peranan yang sangat
penting dalam pendidikan sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan sekolah
yang disiplin dan berprestasi. Ekstrakurikuler merupakan suatu program
pembelajaran atau pelatihan diluar jam sekolah untuk mencapai tujuan
institusional pada lembaga pendidikan, pelaksanaan ekstrakurikuler dapat
memberikan dampak yang positif terhadap kedisiplinan siswa di sekolah. Dengan
adanya ekstrakurikuler pencak silat tersebut dapat menciptakan pembiasaan
disiplin dan tanggung jawab kepada siswa, seperti halnya di SMP Negeri 1 Panti
Jember terdapat beberapa prestasi dalam pencak silat, hal ini tidak lepas dari peran
penanaman nilai disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pencak silat.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan
ekstrakurikuler pencak silat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP
Negeri 1 Panti Jember? 2) Bagaimana implementasi ekstrakurikuler pencak silat
dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Panti Jember? 3)
Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler pencak silat dalam meningkatkan
kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Panti Jember?
Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan
perencanaan ekstrakurikuler pencak silat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa
di SMP Negeri 1 Panti Jember. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi
ekstrakurikuler pencak silat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP
Negeri 1 Panti Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi ekstrakurikuler pencak
silat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Panti Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan
data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles
Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : 1) Kondensasi data 2)
Penyajian data 3) Penarikan Kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Ekstrakurikuler
Pencak Silat dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Panti, meliputi
a) Rapat Internal. b) Identifikasi tujuan ekstrakurikuler. c) Penjadwalan dan
rekrutmen. d) Anggaran dana. 2) Implemnetasi Ekstrakurikuler Pencak Silat
dalam Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Panti, meliputi : a)
Melibatkan semua warga sekolah dalam menjadi tanggungjawab program
ekstrakurikuler pencak silat. b) Memberikan kebebasan ruang belajar agar anak
bisa menyalurkan bakat dan minatnya. c) Siswa-siswi wajib untuk mematuhi
peraturan, meningkatkan kedisiplinan dan ketekunan agar dipilih untuk mengikuti
ajang perlombaan nantinya. 3) Evaluasi Ekstrakurikuler Pencak Silat dalam
Meningkatkan Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Panti, meliputi a) Rapat Evaluasi
internal, antara kepala sekolah, dan waka kesiswaan serta pelatih. b) Pelatih
pencak silat dan waka kesiswaan membuat laporan pertanggungjawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Jihadi Baqil aziz
Date Deposited: 30 Dec 2024 06:17
Last Modified: 30 Dec 2024 06:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38983

Actions (login required)

View Item View Item