Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Krulik Dan Rudnick Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Phytagoras Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Balung

Muhayumi, Isnaini (2024) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Krulik Dan Rudnick Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Phytagoras Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Balung. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi yumiii_ wATERMAK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Isnaini Muhayumi, 2024: Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
Berdasarkan Tahapan Krulik Dan Rudnick Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema
Phytagoras Kelas VIII MTs Wahid Hasyim Balung.
Kata Kunci: Penalaran Matematis, Tahapan Krulik Dan Rudnick, Masalah Non-Rutin,
Teorema Phytagoras.
Kemampuan penalaran matematis siswa sangat penting dalam proses
pembelajaran. Dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa, perlu
adanya soal-soal yang dikembangkan untuk penilaian matematika didasarkan pada soal
(masalah) non-rutin. Masalah non-rutin dapat mendorong seseorang untuk berpikir
logis, mengembangkan logika, berpikir kritis, mencari prosedur dan strategi dalam
menyelesaikannya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan penalaran
matematis kategori kemampuan matematis tinggi berdasarkan tahapan krulik dan
rudnick dalam menyelsaikan masalah teorema phytagoras kelas VIII MTs Wahid
Hasyim Balung? 2) Bagaimana kemampuan penalaran matematis kategori kemampuan
matematis sedang berdasarkan tahapan krulik dan rudnick dalam menyelsaikan
masalah teorema phytagoras kelas VIII MTs Wahid Hasyim Balung? 3) Bagaimana
kemampuan penalaran matematis kategori kemampuan matematis rendah berdasarkan
tahapan krulik dan rudnick dalam menyelsaikan masalah teorema phytagoras kelas
VIII MTs Wahid Hasyim Balung?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan
wawancara. Subjek penelitian yaitu kelas VIII A, dipilih 6 siswa menggunakan metode
purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan
Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan: 1) Kemampuan penalaran matematis
siswa kategori kemampuan matematis tinggi mampu memenuhi 7 indikator
kemampuan penalaran matematis, yaitu meyertakan dan menjelaskan model fakta, sifat
dan hubungan, menyusun dan mengkaji konjektur, memperkirakan jawaban dan
proses solusi, menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis solusi matematis,
menyusun argumen valid, memeriksa validitas argumen dan menarik kesimpulan logis.
2) Kemampuan penalaran matematis siswa kategori matematis sedang mampu
memenuhi 5 indikator penalaran matematis, yaitu meyertakan dan menjelaskan model
fakta, sifat dan hubungan, menyusun dan mengkaji konjektur, memperkirakan jawaban
dan proses solusi, menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis solusi
matematis, menyusun argumen valid. 3) Kemampuan penalaran matematis kategori
kemampuan matematis rendah mampu memenuhi 2 indikator yaitu meyertakan dan
menjelaskan model, fakta serta memperkirakan jawaban dan proses solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Isnaini Muhayumi
Date Deposited: 31 Dec 2024 04:15
Last Modified: 31 Dec 2024 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38995

Actions (login required)

View Item View Item