MENUMBUHKAN SIKAP RELIGIUS MELALUI PENDIDIKAN HUMANIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAMBESARI 3 BONDOWOSO

Hidayah, Faik Nur (2024) MENUMBUHKAN SIKAP RELIGIUS MELALUI PENDIDIKAN HUMANIS DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAMBESARI 3 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FAIK NUR HIDAYAH_205101030005_MPI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Sikap Religius, Pendidikan Humanis di Sekolah Dasar Negeri Jambesari 3 Bondowoso
Humanisme religius adalah sebuah konsep keagamaan yang memanusiakan manusia, serta upaya humanisme ilmu-ilmu dengan tetap memperhatikan tanggung jawab hablumminallah dan hablum minannas.
Penelitian ini fokus pada: 1) Bagaimana implementasi pendidikan humanis religius dalam menumbuhkan sikap religius di Sekolah Dasar Negeri Jambesari 3 Bondowoso 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan humanis religius dalam menumbuhkan sikap religius di Sekolah Dasar Negeri Jabesari 3 Bondowoso.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan humanis religius dalam menumbuhkan sikap religius di Sekolah Dasar Negeri Jambesari 3 Bondowoso 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pendidikan humanis religius dalam menumbuhkan sikap religius di Sekolah Dasar Negeri Jabesari 3 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Pengumpulan data 2) Kondensasi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulam. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini: 1) Implementasi pendidikan humanis religius dalam menumbuhkan sikap religius di Sekolah Dasar Negeri Jambesari 3 Bondowoso menerapkan pembiasaan pembiasaan religius yang terdiri dari: a) Kegiatan keteladanan didalam kelas memakai seragam dengan rapi, b) Pembiasaan kegiatan sholat dhuha berjamaah, c) Peringatan hari hari besar seperti, maulid nabi dan isra’ mi’raj, d) Kegiatan doa bersama yakni pembacaan rutin yasin dan istighasah, e) Kegiatan sedekah sebagai bentuk peduli sosial, f) Kegiatan aktif membaca al Qur’an (Tilawah), 2) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan humanis religius dalam menumbuhkan sikap religius di Sekolah Dasar Negeri Jambesari 3 Bondowoso yang terdiri dari, faktor pendukung : a) Dalam pembelajaran Pendidikan humanis religius melakukan program sekolah yang mengarah pada penanaman nilai nilai religius, Misalnya: kegiatan bagi bagi ta’jil dibulan Ramadhan, pembagian daging qurban saat hari raya qurban, kegiatan pesantren ramadhan, b) Sarpras yang sudah tersedia dan memadai, c) Pemberian motivasi dan bimbingan kepada peserta didik, faktor penghambat : a) Latar belakang peserta didik yang berbeda beda serta adanya pengaruh negatif lingkungan dari luar, b) Kelelahan dan kejenuhan peserta didik dalam belajar, c) Kerusakan sarpras yang kadangkala terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Faik Nur Hidayah
Date Deposited: 30 Dec 2024 08:19
Last Modified: 30 Dec 2024 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38999

Actions (login required)

View Item View Item