ELOK FA’IQOTUL HIDAYAH, - (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menjawab Soal Pilihan Ganda Pada Game Quizizz Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik: Studi Pada Smp Negeri 7 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.
Text
ELOK FA’IQOTUL HIDAYAH_T201610005.pdf Download (8MB) |
Abstract
Elok Fa’iqotul Hidayah, 2020: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menjawab Soal Pilihan Ganda Pada Game Quizizz Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik: Studi Pada Smp Negeri 7 Jember Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Quizizz, Cahaya dan Alat Optik Hasil belajar mata pelajaran IPA siswa SMP Negeri 7 Jember khususnya pada materi Cahaya dan Alat Optik masih relatif rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal sedini mungkin. Salah satu metode yang dapat digunakan guru dalam menganalisis kesalahan siswa yakni dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Quizizz merupakan salah satu solusi untuk dijadikan metode analisis kesalahan siswa yang digemari oleh siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) berapa persentase kesalahan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda dalam game Quizizz di tiap indikator materi cahaya dan alat optik? 2) apa saja jenis-jenis kesalahan siswa pada materi cahaya dan alat optik dari alasan jawaban siswa setelah menjawab game Quizizz? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk identifikasi kesalahan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda dalam game Quizizz di tiap indikator materi Cahaya dan Alat Optik. 2) untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa pada materi Cahaya dan Alat Optik dari alasan siswa menjawab kuis pada game Quizizz. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas 8 SMP Negeri 7 Jember sebanyak 190 siswa. Penelitian dilakukan pada 19 Mei 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan survei. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kesalahan siswa pada setiap indikator berbeda-beda. Kesalahan siswa pada indikator sifatsifat cahaya 10%, indikator pembentukan bayangan pada cermin 58%, indikator penglihatan serangga 35%, indikator cacat mata 45%, indikator pembentukan bayangan pada lensa 56%, indikator alat-alat optik 50%, dan indikator alat indra penglihatan manusia 47%. 2) kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa pada materi cahaya dan alat optik diantaranya, kesalahan konsep 44%, lupa rumus 24%, lupa membalik hitungan akhir 12%, dan lupa fokus cermin cembung dan lensa cekung bertanda negatif 20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad iqbal abdilah |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:58 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3902 |
Actions (login required)
View Item |