Penggunaan Media Loose Part Bahan Alam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Kelompok A1 Di TK Plus Al-Ishlah Jenggawah Tahun Ajaran 2023-2024

Hofifah, Siti Nur (2024) Penggunaan Media Loose Part Bahan Alam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Kelompok A1 Di TK Plus Al-Ishlah Jenggawah Tahun Ajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI NUR HOFIFAH_WATERMARX.pdf

Download (8MB)

Abstract

Siti Nur Hofifah, Yuli Indarti S.KM, 2024: Penggunaan Media Loose Part
Bahan Alam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Pada Kelompok A1 Di TK
Plus Al-Ishlah Jenggawah Tahun Ajaran 2023-2024.
Kata Kunci: Media Loose Part Bahan Alam, dan Motorik Halus
Perkembangan Motorik halus merupakan kemampuan untuk
mengkoordinasi mata dan tangan (otot-otot halus dalam melakukan aktivitas) di
Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah Kelompok A1 Pada Tahun Ajaran 2023-2024.
Menggunakan Media Loose Part bahan alam batu kerikil untuk mengembangkan
motorik halus
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan
media loose part bahan alam batu kerikil untuk mengembangkan motorik halus
pada kelompok A1 di Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah? (2) Apa penghambat
penggunaan media loose part bahan alam batu kerikil dalam mengembangkan
motorik halus pada kelompok A1 di Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan
media loose part bahan alam untuk mengembangkan motorik halus pada
kelompok A1 di Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah.(2) Mendeskripsikan
penghambatan penggunaan media loose part bahan alam untuk mengembangkan
motorik halus pada kelompok A1 di Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah.
Untuk mengidentifikasi permasalahan penelitian ini, maka peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan (field
research) subyek peliputi (1) Kepala Sekolah (2) Wali Kelas A1 (3) Wali Murid.
Adapun teknik pengumpulan data melalui: (1) Wawancara (2) Observasi (3)
Dokumentasi. Analisis data menggunakan miles and huberman yang meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan pengecekan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan
triangulasi waktu.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) penggunaan media loose
part bahan alam batu kerikil untuk mengembangkan motorik halus pada
kelompok A1 di Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah adalah diawali dengan penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dilajutkan dengan
menyiapkan media loose part yang meliputi batu kerikil, cat air, kuas dan wadah
untuk pelaksanaan. Pelaksanaan media loose part ketika pembelajaran
berlangsung anak-anak mengecat batu kerikil, kemudian dijemur sampai kering,
setelah itu anak- anak bebas berkreasi dalam membuat media loose part bahan
alam. 2) Penghambat penggunaan media loose part bahan alam batu kerikil dalam
mengembangkan motorik halus pada kelompok A1 di Tk Plus Al-Ishlah
Jenggawah adalah keterbatasan anak dalam mengecat batu kerikil dengan benar
serta kecenderungan mereka untuk mengeluh dan membutuhkan bantuan saat
menggunakan media tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Nur Hofifah
Date Deposited: 30 Dec 2024 08:08
Last Modified: 30 Dec 2024 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39021

Actions (login required)

View Item View Item