PENGARUH BRAND IMAGE, CONSUMER KNOWLEDGE, LABEL SYARIAH DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA NASABAH PT BANK SYARIAH INDONESIA TBK KCP JEMBER GAJAH MADA

Cosa Arlian, Ludita (2024) PENGARUH BRAND IMAGE, CONSUMER KNOWLEDGE, LABEL SYARIAH DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA NASABAH PT BANK SYARIAH INDONESIA TBK KCP JEMBER GAJAH MADA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
LUDITA COSA ARLIAN FIX.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ludita, Cosa Arlian, 2024. Pengaruh Brand Image, Consumer Knowledge, Label Syariah Dan Keamanan Terhadap Keputusan Menabung Pada Nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk KCP Jember Gajah Mada. Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I : Dr. Siti Masrohatin, S.E, M.M. Pembimbing II : Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M.

Kata Kunci : Brand Image, Consumer Knowledge, Label Syariah, Keamanan, iiiiiiiiiiiKeputusan Menabung.

Brand Image, Consumer Knowledge, Label Syariah, Keamanan merupakan hal penting dalam pengambilan keputusan. Merek yang kuat dapat menarik konsumen untuk menggunakannya sebagai faktor penentu dalam pemilihan keputusan karena brand image merupakan keseluruhan persepsi terhadap produk atau merek yang dibentuk dari informasi dan pengalaman masa lalu. Pengetahuan yang dipahami oleh nasabah menjadi faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam memilih layanan perbankan syariah karena nasabah akan mencari informasi terkait pemenuhan kebutuhannya. Label syariah yang menempel pada sebuah identitas syariah mengharuskan dan memberikan tanggung jawab akan teraplikasinya nilai-nilai syariah dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi karena keamanan merupakan upaya memberi rasa aman dan rasa kepercayaan bagi nasabah atau calon nasabah untuk menyimpan dananya di industri perbankan.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara brand image, consumer knowledge, label syariah dan keamanan terhadap keputusan menabung pada PT Bank Syariah Indonesia Tbk KCP Jember Gajah Mada secara parsial dan simultan . Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling sejumlah 100 nasabah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Analisis yang dilakukan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Uji Hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) Versi 26.
Hasil analisis menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, consumer knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, label syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, keamanan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan menabung, brand image, consumer knowledge, label syariah, dan keamanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ludita Cosa Arlian
Date Deposited: 31 Dec 2024 06:01
Last Modified: 31 Dec 2024 06:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39059

Actions (login required)

View Item View Item