Peran Guru Akidah Akhlak Meminimalisir Kekerasan Emosional Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan Di MTs SA Hidayatul Munawwaroh Tahun Pelajaran 2020/2021.

VADILATUL LAILI, - (2021) Peran Guru Akidah Akhlak Meminimalisir Kekerasan Emosional Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan Di MTs SA Hidayatul Munawwaroh Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
VADILATUL LAILI_ 084141489.pdf

Download (6MB)

Abstract

Vadilatul Laili. 2021. Peran Guru Akidah Akhlak Meminimalisir Kekerasan Emosional Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan Di MTs SA Hidayatul Munawwaroh Tahun Pelajaran 2020/2021. Latar belakang ini muncul dari kenyataan bahwa pendidikan yang ada di Indonesia ini masih kurang berpengaruh terhadap perilaku peserta didik. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya kasus kekerasan, baik kekerasan fisik ataupun kekerasan emosional. Namun yang paling banyak di temui ialah kekerasan emosional antar pesert didik contohnya bullying. Oleh karena itu, peran guru menjadi sangat penting dan perlunya diadakan penelitian mengenai metode pembiasaan yang ada di sekolah, terutama metode pembiasaan yang di lakukan guru akidah akhlak karena guru akidah akhlak sangat berperan penting membentuk pribadi peserta didik. Sehingga dapat meminimalisir kekerasan yang ada. Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan beberapa fokus masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator meminimalisir kekerasan emosional peserta didik melalui metode pembiasaan di Mts Satu Atap (SA) Hidayatul Munawwaroh Desa Silo, Kec. Silo, Kab. Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 2. Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator meminimalisir kekerasan emosional peserta didik melalui metode pembiasaan di Mts Satu Atap (SA) Hidayatul Munawwaroh Desa Silo, Kec. Silo, Kab. Jember tahun pelajaran 2020/2021?. 3. Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai evaluator meminimalisir kekerasan emosional peserta didik melalui metode pembiasaan di Mts Satu Atap (SA) Hidayatul Munawwaroh Desa Silo, Kec. Silo, Kab. Jember tahun pelajaran 2020/2021? Adapun tujuan dari penelitian ini: Mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator, fasilitator dan evaluator meminimalisir kekerasan emosional peserta didik melalui metode pembiasaan di Mts Satu Atap (SA) Hidayatul Munawwaroh Desa Silo, Kec. Silo, Kab. Jember tahun ajaran 2020/2021? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan validitas triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan penelitian ini antara lain: 1. Peran guru akidah akhlak sebagai motivator meminimalisir kekerasan emosional peserta didik melalui metode pembiasaan di Mts Satu Atap (SA) Hidayatul Munawwaroh yakni dengan pemberian mauidzoh hasanah ( peringatan yang baik) kepada peserta didik namun yang lebih penting dan lebih guru tekankan yaitu adalah menjadi uswah hasanah ( teladan yang baik) guna memotivasi peserta didik agar menjadi pesert ddik yang berakhlak baik terhadap guru, teman dan orang-orang di sekitarnya melalui metode pembiasaan. 2. Peran guru akidah akhlak sebagai fasilitator meminimalisir kekerasan emosional peserta didik melalui metode pembiasaan di Mts Satu Atap (SA) Hidayatul Munawwaroh mempunyai cara tersendiri yakni selain menjadi pendengar yang baik, rendah hati dan sabar guru juga harus memiliki sikap yang tegas ketika peserta didik melanggar peraturan yang ada di madrasah yaitu dengan memberi hukuman namun hukuman yang mendidik seperti membaca dan menulis al- Peran guru akidah akhlak sebagai evaluator meminimalisir kekerasan emosional peserta didik melalui metode pembiasaan di Mts Satu Atap (SA) Hidayatul Munawwaroh yakni di lakukan oleh guru setiap hari sama seperti penilaian pembelajaran yang dilakukan setiap hari. Bagi peserta didik yang yg di laksanakan pada acara lepas pisah akhir semester genap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:01
Last Modified: 26 Apr 2022 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item