Fitria Rohman, Anis (2025) Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha dan Tahfidz Al-Qur’an Pada Santri Asrama Al-Khoirot MAN 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
ANIS FITRIA ROHMAN FIX.pdf Download (5MB) |
Abstract
Anis Fitria Rohman, 2024: Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha dan Tahfidz Al-Qur’an Pada Santri Asrama Al-Khoirot MAN 2 Jember.
Kata Kunci: Karakter Religius, Pembiasaan Sholat dhuha dan Tahfidz Al-Qur’an.
Minimnya karakter religius remaja di era modern dapat berdampak negatif pada perkembangan spiritual dan moral mereka. Hal ini berpotensi memicu perilaku menyimpang, seperti tindakan kriminalitas dan asusila. Oleh karena itu, pendidikan karakter religius menjadi sangat penting untuk membimbing remaja agar terhindar dari pengaruh buruk. Pembentukan karakter religius dapat dilakukan melalui pembiasaan ibadah yang tidak hanya memperkuat keimanan tetapi juga menanamkan kedisiplinan dan nilai – nilai akhlak mulia. Karena hal itu pembentukan karakter religius dapat dilakukan melalui pembiasaan Sholat Dhuha dan Tahfidz Al – Qur’an yang di terapkan di Asrama Al – Khoirot MAN 2 Jember.
Fokus Penelitian meliputi : 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius ketaatan dalam beragama melalui pembiasaan sholat dhuha dan tahfidz Al – Qur’an di Asrama Al – Khoirot MAN 2 Jember? 2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius empati melalui pembiasaan sholat dhuha dan tahfidz Al – Qur’an di Asrama Al – Khoirot MAN 2 Jember? 3) Bagaimana penerapan pendidikan karakter religius kejujuran melalui pembiasaan sholat dhuha dan tahfidz Al – Qur’an di Asrama Al – Khoirot MAN 2 Jember?
Tujuan penelitian meliputi : 1) Untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius ketaatan dalam beragama melalui pembiasaan sholat dhuha dan tahfidz Al – Qur’an di Asrama Al – Khoirot MAN 2 Jember? 2) Untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius empati melalui pembiasaan sholat dhuha dan tahfidz Al – Qur’an di Asrama Al – Khoirot MAN 2 Jember? 3) Untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter religius kejujuran melalui pembiasaan sholat dhuha dan tahfidz Al – Qur’an di Asrama Al – Khoirot MAN 2 Jember?
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian di Asrama Al-Khoirot MAN 2 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian: 1) Penerapan pendidikan karakter religius ketaatan dalam beragama melalui Sholat Dhuha yang dilaksanakan setiap pagi secara berjamaah dan Tahfidz Al – Qur’an dilakukan setoran hafalan ba’da subuh dan ba’da maghrib. 2) Penerapan pendidikan karakter religius empati melalui Sholat Dhuha dan Tahfidz Al – Qur’an dengan nuansa kebersamaan dan saling mendukung satu sama lain. 3) Penerapan pendidikan karakter religius kejujuran melalui Sholat Dhuha dan Tahfidz Al – Qur’an yang rutin dilakukan mendorong santri untuk jujur dalam melaporkan kehadiran dan melaporkan kemajuan hafalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NIS FITRIA ROHMAN |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 06:30 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 06:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39125 |
Actions (login required)
View Item |