Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Pada Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) Berbasis Daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2020

SOFIANA HARIYANTI, - (2020) Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Pada Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) Berbasis Daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
SOFIANA HARIYANTI_T20164032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sofiana Hariyanti, 2020: Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Pada Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) Berbasis Daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2020 Kata kunci: implementasi pembelajaran tematik terpadu, higher order Of thinking skill (hots), pembelajaran berbasis daring Pandemi telah merubah seluruh aspek di bidang kehidupan manusia, tak terkecuali perubahan di bidang pendidikan. Kebutuhan untuk pemenuhan hak pendidikan untuk peserta didik dan upaya untuk mencegah penyebaran Covid 19, memaksa lembaga pendidikanan untuk mengikuti perubahan sistem pembelajaran yang telah ditetapkan melalui kebijakan pemerintah dari pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran dalam jaringan (daring). Sama halnya dengan yang dilakukan di MIN 2 Jember, dengan pembelajaran sistem daring MIN 2 Jember juga harus mampu menerapkan pembelajaran tematikyang berorientasi pada HOTS.Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik terpadu berorientasi pada HOTS berbasis daring di MIN 2 Jember pada Masa Pandemi Covid-19? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berorientasi pada HOTS berbasis daring di MIN 2 Jember pada Masa Pandemi Covid-19? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik terpadu berorientasi HOTS berbasis daring di MIN 2 Jember pada Masa Pandemi Covid- 19?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran tematik terpadu berorientasi pada HOTS berbasis daring di MIN 2 Jember pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Lokasi penelitian ini di MIN 2 Jember. Penentuan informan menggunakan Proposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data (concusion drawing/ verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan yaitu : a) membuat kalender pendidikan, RPP, Prota, Promes, Silanus, RHE dan RPE. b) Membuat RPP darurat sesuai Permendikbud No.14 Tahun 2019 Tentang penyederhanaan RPP. c) KI KD dalam penyusunan RPP dikembangkan untuk membuat soal-soal berbasis HOTS. 2) a) Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan pembelajaran Daring dan Luring. b) Pelaksanaan di awali dengan menyapa peserta didik, memotivasi, absensi, melaksanakan shalat dhuha, dan membaca surat-surat pendek, di kegiatan inti guru menjelaskan materi menggunakan video. Dan kegiatan akhir guru memberikan soal-soal untuk mengevaluasi pembelajaran. e) Soal berbasis HOTS bertujuan agar peserta didik tidak monoton. 3) Evaluasi yaitu: a) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan google form. b) Penilaian yang digunakan guru untuk menilai hasil belajar peserta didik selama daring menggunakan penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:02
Last Modified: 26 Apr 2022 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3915

Actions (login required)

View Item View Item