Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP IPA SMP Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.

Siti Fatimah, - (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP IPA SMP Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Siti Fatimah _T201610015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Fatimah, 2021: Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP IPA SMP Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Kata Kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran¸ sikap ilmia, IPA. Penelitian ini dilatarbelakangangi oleh penyajian kegiatan pembelajaran IPA yang kurang bervariasi baik pada pendekatan, model, maupun media pembelajaran yang dapat menimbulkan kejenuhan siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Bila hal tersebut dibiarkan berkembang, siswa menjadi kurang tertarik dan bosan terhadap pembelajaran IPA. Oleh karena itu, perlu perangkat pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan sikap ilmiah siswa di antaranya sikap rasa ingin tahu, peduli pada lingkungan, peduli sosial, kerjasama, tanggung jawab, mengembangkan daya pikir, mengamati, menganalisa, hingga mengambil kesimpulan dari hal-hal sederhana yang terjadi di lingkungan sekitar. Salah satu inovasi pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik dengan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui validasi isi perangkat pembelajaran RPP IPA SMP menggunakan model discovery learning terhadap sikap ilmiah kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup. 2) mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran RPP IPA SMP menggunakan model discovery learning terhadap sikap ilmiah kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Richey and Klein dengan tiga tahapan, yaitu tahap planning, tahap production, dan tahap evaluation. Hasil penelitian dari validasi ahli untuk perangkat pembelajaran berupa RPP memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 88,1% dengan kategori sangat valid. Dengan demikian perangkat pembelajaran IPA SMP menggunakan pendekatan saintifik dengan model discovery learning terhadap sikap ilmiah siswa kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup masuk dalam kategori sangat baik.Sehingga perangkat pembelajaran ini dapat dikatakan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran IPA kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:03
Last Modified: 26 Apr 2022 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3916

Actions (login required)

View Item View Item