farah, quthrotun (2024) evektifitas strategi pembelajaran berbasis token ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas 2 pelajaran pendidikan pancasila di sd baiturrohman jember. Undergraduate thesis, UIN KH achmad siddiq jember.
Text
revisi perpus halaman (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Token ekonomi merupakan metode modifikasi perilaku yang berguna untuk
mengurangi perilaku yang tidak dikehendaki dengan mempergunakan token (tanda)
serta dapat meningkatkan perilaku yang diinginkan. Token yang sudah didapatkan
tersebut lalu ditukarkan dengan reward. lebih singkatnya token ekonomi
digambarkan sebagai sistem penguatan untuk perilaku yang diinginkan dengan
memberikan tanda-tanda dan menukarkannya dengan sebuah hadiah yang
bermakna. Token ekonomi memiliki tujuan utama yaitu meminimalisir perilaku
yang tidak dikehendaki dan meningkatkan perilaku yang ingin diubah.
Pada penelitian ini laksanakan di SD Baiturrohman kelas II berperilaku
kurang disiplin yang ditujukan oleh peserta didik, hal ini terlihat ketika proses
pembelajaran berlangsung ketika guru menerangkan ada beberapa anak yang masih
belom aktif dan tidak memperhatikan saat pembelajaran berlangsung. Adanya
permasalahan tersebut peneliti memberikan Teknik atau strategi meningkatkan
kedisiplinan dengan menggunakan media papan token kedisiplinan. Dengan adanya
token ekonomi ini harapannya dapat menciptakan suasana pembelajaran yang
menyenangkan.
Berdasarkan latar pemaparan di atas, maka rumusan masalah penelitian ini
adalah: Bagaimana hasil dari evektifitas strategi pembelajaran berbasis token
ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik? Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk meningkatkan” kedisiplinan peserta didik mata pelajaran pendidikan
pancasila di sekolah SD Baiturrohman jubung kabupaten jember”
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Penelitian Tindakan adalah suatu cara untuk meningkatkan penalaran
praktik sosial melalui refleksi dan kolaborasi, cara ukur disiplin yaitu dengan
menggunakan media papan token kedisiplinan guna untuk mengetahui seberapa
meningkatnya kedisiplinan saat pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
token ekonomi dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Meningkatnya
kualitas proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya kedisiplinan siswa.
Hasil nilai rata-rata kedisiplinan siswa pada kondisi awal sebesar rata-rata 2,85
(berkategori cukup). Nilai rata-rata pada siklus I meningkat 2,66, pada siklus II
3,66. Pada siklus ke III 3,85. (kondisi awal 2,85 menjadi 2,66 dengan kategori
cukup) pada siklus pratindakan ke siklus I dikatakan tidak meningkat di karenakan
peserta didik banyak yang tidak masuk, dan pada siklus II meningkat 3,66, dan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | nida quthrotun nida |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 06:09 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 06:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39162 |
Actions (login required)
View Item |