Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember

Ihza Mahendra, M. Faizal (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mochammad Faizal Ihza Mahendra_T20191488.pdf

Download (3MB)

Abstract

M. Faizal Ihza Mahendra, 2024: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Menumbuhkan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 11 Jember.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-nilai Profil Pelajar
Pancasila.
Penerapan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila di SMPN 11 Jember,
khususnya pada ciri beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
berakhlak mulia belum sepenuhnya optimal dilakukan oleh guru pendidikan
agama Islam. Hal ini terjadi karena adanya perubahan kurikulum, yang semula
menerapkan Kurikulum 2013, kemudian beralih menjadi Kurikulum Merdeka.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru PAI
sebagai sumber belajar dalam menumbuhkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila
ciri beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia di
SMPN 11 Jember?. 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai pengelola dalam
menumbuhkan nilai – nilai Profil Pelajar Pancasila ciri beriman, bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia di SMPN 11 Jember?. 3) Bagaimana
peran guru PAI sebagai pembimbing dalam menumbuhkan nilai – nilai Profil
Pelajar Pancasila ciri beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
berakhlak mulia di SMPN 11 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan peran guru PAI sebagai sumber belajar, pengelola, dan
pembimbing dalam menumbuhkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila ciri beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia di SMPN 11
Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Lokasi
penelitian di SMPN 11 Jember serta subyek peneliti terdiri atas kepala sekolah,
Guru PAI dan peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data dan
menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, berupa kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Peran guru PAI sebagai
sumber belajar dalam menumbuhkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila adalah a)
Dengan penguasaan materi berupa iman dan takwa. b) Pengajaran nilai-nilai
agama, dan c) Peneladanan nilai-nilai akhlak mulia. 2) Peran guru PAI sebagai
pengelola adalah a) Dengan melakukan pengelolaan kelas berupa perencanaan,
pelaksanan dan asesmen (modul ajar). b) Pengelolaan proses belajar mengajar
(aktif, kreatif, dan inovasi). 3) Peran guru PAI sebagai pembimbing adalah a)
Dengan memberikan pembinaan dalam melakukan kegiatan keagamaan (jumat
mengaji dan maulid Nabi). b) Menciptakan lingkungan yang saling menghormati
dan toleransi dalam perbedaan keyakinan dan etnis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochammad Faizal Ihza Mahendra
Date Deposited: 03 Jan 2025 06:19
Last Modified: 03 Jan 2025 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39164

Actions (login required)

View Item View Item