Arifiani, Lindawati (2024) Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Lindawati Arifiani_201101090002.pdf Download (29MB) |
Abstract
Bahan ajar memiliki pengaruh penting dalam pendidikan, Penggunaan media pembelajaran dan sumber bahan ajar yang baik sangat diperlukan dalam rangka membantu proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Dalam upaya meningkatkan efektifitas siswa, maka diperlukan pengembangan bahan ajar yang dapat melengkapi kekurangan buku pegangan siswa yang sudah banyak dipakai di sekolah-sekolah, salah satu bentuk bahan ajar yang dapat dikembangkan ialah bahan ajar handout berbasis gambar pada mata pelajaran IPS.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar handout berbasis gambar pada mata pelajara IPS di SMPN 7 Jember tahun ajaran 2024/2025, 2) Untuk menguji efektivitas bahan ajar handout berbasis gambar pada pelajaran IPS di SMPN Jember tahun ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan 8 tahapan yang terdiri atas potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk, dan uji coba pemakaian.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu terciptanya bahan ajar handout berbasis gambar pada mata pelajaran IPS materi kondisi alam di Negara Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris yang dalam pembuatannya melalui 8 tahapan. Pada perancangan bahan ajar handout berbasis gambar dilakukan uji validasi untuk melihat keefektifan produk, hasil pada aspek yang dinilai oleh ahli media yaitu mendapatkan skor 88% dengan kategori “sangat valid”, aspek yang dinilai oleh ahli materi mendapatkan skor 86% dengan kategori “sangat valid”, dan aspek yang dinilai oleh ahli bahasa mendapatkan skor 90% dengan kategori “sangat valid”. Dari persentase yang di dapat dari masing-masing validator mendapatkan rata-rata dengan skor 88% yang dapat dikategorikan “sangat valid”. Hasil penilaian sebelum menggunakan bahan ajar (pre test) yaitu mendapatkan persentase 58% yang dikategorikan “kurang efektif”, setelah menggunakan bahan ajar handout berbasis gambar (post test) memperoleh nilai 94% yang dapat dikategorikan “sangat efektif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Ms Lindawati Arifiani |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 02:16 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 02:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39212 |
Actions (login required)
View Item |