Husnaini Hs, Ahmad Fadlil (2024) Penerapan Metode Eksperimen Materi Elektromagnetik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas VB di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Huda Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
AHMAD FADLIL HUSNAINI HS_T20184070_SKRIPSI WATERMARK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ahmad Fadlil Husnaini Hs, 2024: PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MATERI ELEKTROMAGNETIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS VB DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DARUL HUDA KECAMATAN Umbulsari Kabupaten Jember
Kata Kunci: Penerapan Metode Eksperimen, Materi Elektromagnet, Hasil Belajar.
Konteks penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran masih belum bervariasi, metode pembelajaran masih sebatas metode ceramah dan ini membuat pembelajaran cenderung monoton, solusi dari permasalahan ini ialah penggunaan metode eksperimen, khususnya dalam pembelajaran IPAS.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Eksperimen Materi Elektromagnetik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas VB di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Huda Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hambatan metode eksperimen elektromagnetik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS kelas VB di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Huda Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan. Keabsahan Data menggunakan 1) triangulasi sumber 2) triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pada Penerapan Metode Eksperimen Materi Elektromagnetik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Kelas VB Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Huda Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember adalah meliputi 3 tahap yaitu pertama, perencanaan berupa rapat yang dilakukan awal semester untuk membuat administrasi seperti modul ajar, kedua, pelaksanaan berupa guru melakukan demonstrasi sebelum eksperimen dilakukan oleh siswa, dilanjutkan dengan siswa bersama kelompoknya melakukan eksperimen dalam hal ini materi elektromagnetik, ketiga, evaluasi berupa laporan hasil eksperimen oleh kelompok dan latihan mandiri tentang materi magnet. 2) Penerapan metode eksperimen menghadapi beberapa hambatan atau kendala. Di antaranya adalah persiapan yang memerlukan waktu yang lama dan memerlukan biaya tambahan karena terbatasnya alat dan bahan pendukung untuk metode ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Ahmad Fadlil Husnaini Hs |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 03:19 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 03:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39223 |
Actions (login required)
View Item |