Maulida, Yuliana (2020) Upaya Sekolah Dalam Pembinaan Nilai Religius Peserta Didik Melalui Program Pusat Kegiatan Masyarakat di MTs Unggulan Al Qodiri Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Maulida Yuliana_T20161228.pdf Download (9MB) |
Abstract
Maulida Yuliana (T20161228), 2020: Upaya Sekolah Dalam Pembinaan Nilai Religius Peserta Didik Melalui Program Pusat Kegiatan Masyarakat di MTs Unggulan Al Qodiri Jember Kata Kunci : Nilai Religius, PKM Di era modern saat ini, Pendidikan bukan hanya dilakukan di gendung sekolah atau yang sering kita sebut dengan pendidikan formal tetapi pendidikan juga bisa dilakukan di luar gedung sekolah tanpa terikat pada kurikulum yang berlaku yang sering kita sebut dengan pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal ialah pendidikan nasional yang telah di jesalakan di Undang-undang No.20 Tahun 2003 Pasal 26, dalam Undang-Undang tersebut pendidikan nonformal berfungsi sebagai pengganti pendidikan formal dalam mendukung pendidikan sepanjang hayat. Seperti halnya program yang telah dibuat oleh lembaga MTs Unggulan Al Qodiri bertujuan untuk memberikan pelajaran berharga melalui program PKM yang dapat diterapkan di masyarakat kelak. Program ini disusun untuk membina peserta didik untuk terbiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan masyarakat di luar sana, Program PKM (Pusat Kegiatan Masyarakat) ini seperti kegiatan Tahlilan, Diba’an, Pidato, Ceramah, Mengimami Sholat, dan lain-lain. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Upaya Sekolah Dalam Pembinaan Nilai Religius Peserta Didik melalui Program Pusat Kegiatan Masyarakat di MTs Unggulan Al Qodiri Jember? 2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Program PKM Sebagai Sarana Pembinaan Nilai Religius Peserta Didik di MTs Unggulan Al Qodiri Jember ? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk Mendeskripsikan Upaya Sekolah dalam Pembinaan Nilai Religius Peserta Didik Melalui Program PKM di MTs Unggulan Al Qodiri Jember. (2) Untuk Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Program PKM Sebagai Sarana Pembinaan Nilai Religius Peserta Didik di MTs Unggulan Al Qodiri Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Tehnik pengumpulan data dengan metode observasi non-partisipan, wawancara, dan studi dokumen dari data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Tehnik. Berdasarkan hasil penelitian, (1) Upaya sekolah dalam pembinaan nilai religius peserta didik lembaga sekolah melakukan penjadwalan program PKM, merencanakan, melaksanakan, hingga evaluasi program agar dapat melihat perkembangan yang dilakukan oleh lembaga, setelah itu setiap elemen sekolah ikut andil dari program PKM, dari Kepala sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Pembina PKM, Pembina OSIM. (2) faktor pendukung dalam program PKM terletak di pendidik yang ahli dalam bidangnya, tema yang menarik di ambil dari mengapdopsi adat kebiasaan masyarakat, hingga perelatan perlengkapan peserta didik di siapkan oleh lembaga. Faktor penghambatnya terletak di fasilitas ruang auditorium yang tidak memadai, dan kurangnya management waktu peserta didik, telah diberi waktu 2 minggu tetapi tidak digunakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 03:05 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 03:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3924 |
Actions (login required)
View Item |