Asriyatin, Qothrun Nada Sakinah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DIGITAL BERBASIS MOTION GRAPHIC MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Qothrun Nada Sakinah Asriyatin_202101040028.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Video Digital, Motion Graphic, Media Pembelajaran
Media pembelajaran berperan penting dalam proses belajar mengajar,
karena membantu guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
dengan lebih mudah. Dari hal tersebut, pengembangan media pembelajaran perlu
disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan karakteristik peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa kendala, seperti rendahnya
semangat dan motivasi belajar serta kurangnya pemahaman terhadap materi.
Penggunaan media video digital berbasis motion graphic dapat menjadi solusi
untuk mengatasi kendala tersebut dengan menyajikan materi secara lebih menarik
dan interaktif.
Rumusan masalah dalam penelitian pengembangan ini adalah : (1)
bagaimana desain pengembangan media video digital berbasis motion graphic
mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 Jember ? (2) bagaimana kelayakan media video digital berbasis motion
graphic mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Jember?
Berdasarkan masalah diatas, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1)
mengembangkan desain media video digital berbasis motion graphic mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
Negeri 2 Jember, (2) menguji kelayakan media video digital berbasis motion
graphic mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas V di Madrasah
Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan research
and development dengan model pengembangan ADDIE (analyze, design,
development, implementation, and evaluation). Data dikumpulkan melalui
observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan
pengembangan ialah (1) desain pengembangan media video digital motion
graphic yang dihasilkan dari pengembangan media video digital berbasis motion
graphic mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial kelas V di Madrasah
Ibtidiyah Negeri 2 Jember, (2) Hasil kelayakan media video digital motion
graphic yaitu uji validitas ahli media mencapai 94%, ahli materi mencapai 96%,
dan ahli pembelajaran mencapai 97%. Tingginya persentase validasi
mengindikasikan bahwa media video digital berbasis motion graphic sangat layak
digunakan sebagai media pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial di kelas
V Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | qothrun nada sakinah asriyatin |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 07:15 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 07:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39275 |
Actions (login required)
View Item |