Pengembangan LKS Terintegrasi Keislaman Konteks Ilmu Tajwid dan Gharib Pada Materi Program Linier Kelas XI MA ASHRI Jember.

Ira Yulia Thoyyibatul, Hasanah (2021) Pengembangan LKS Terintegrasi Keislaman Konteks Ilmu Tajwid dan Gharib Pada Materi Program Linier Kelas XI MA ASHRI Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Ira Yulia Thoyyibatul Hasanah_T20177018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ira Yulia Thoyyibatul Hasanah, 2021: Pengembangan LKS Terintegrasi Keislaman Konteks Ilmu Tajwid dan Gharib Pada Materi Program Linier Kelas XI MA ASHRI Jember. Kata Kunci: LKS, Keislaman, Ilmu Tajwid, Gharib, Program Linier Matematika merupakan ilmu hitung dan dengan matematika siswa belajar berpikir kritis, logis, serta dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai hasil observasi di MA ASHRI pada kelas XI, banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang membosankan dan penuh dengan rumus. Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan menyelesaikan masalah matematika. Guru matematika mengatasi masalah tersebut dengan menjelaskan kembali materi dan memberikan soal-soal dari beberapa sumber lain, karena di MA ASHRI guru hanya menggunakan buku dari kemendikbud saja. Sehingga peneliti berinovasi untuk mengembangkan LKS, karena LKS melatih siswa belajar mandiri dengan mengikuti petunjuk dan langkah-langkah yang ada pada LKS. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui validitas LKS terintegrasi keislaman konteks ilmu tajwid dan gharib pada materi program linier kelas XI MA ASHRI Jember yang dikembangkan. 2) Mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKS terintegrasi keislaman konteks ilmu tajwid dan gharib pada materi program linier kelas XI MA ASHRI Jember yang dikembangkan. 3) Mengetahui proses pengembangan LKS terintegrasi keislaman konteks ilmu tajwid dan gharib pada materi program linier kelas XI MA ASHRI Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri lima tahap pengembangan, yakni Analysis, Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation. Dalam mengumpulkan data peneliti melakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini: 1) menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid dengan presentase 82,91% kategori sangat valid sehingga dapat disimpulkan valid. 2) LKS memenuhi kriteria praktis dengan presentase dari siswa yaitu 79,16 % kategori praktis dan presentase dari guru yaitu 83,33% kategori sangat praktis sehingga dapat disimpulkan praktis dan setelah dilakukan uji coba LKS memenuhi kriteria efektif dengan presentase 90% kategori sangat efektif sehingga dapat disimpulkan efektif. 3) Proses pengembangan LKS yang dimulai dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi berjalan dengan lancar. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKS terintegrasi keislaman konteks ilmu tajwid dan gharib pada materi program linier kelas XI bisa digunakan sebagai bahan ajar saat proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:35
Last Modified: 26 Apr 2022 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3929

Actions (login required)

View Item View Item