AYUNI, AYUNI (2024) Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dalam meningkatkan Kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Nurul Aziz Suboh Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.
Text
AYUNI_202101090014 FIks.pdf Download (10MB) |
Abstract
Kata Kunci : Penerapan, Visual Auditory Kinesthetic, Berpikir Kritis
Perkembangan teknologi dan globaliasi menuntut dunia pendidikan untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis ( Critical Thinking Skills ) pada siswa di MTs Nurul Aziz metode pembelajaran masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah dalam implementasi pembelajaran serta minimnya penggunaan media yang variatif menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) belum optimal. Model pembelajaran berbasis (Visual Auditory Kinesthetic) diusulkan sebagai solusi yang efektif, dengan menekankan keterlibatan siswa dalam tugas-tugas nyata guna meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Visual Auditory Kinesthetic ( VAK ) dalam meningkatkan Kemampuan berfikir kritis siswa IPS kelas VII di MTs Nurul Aziz
Rumusan masalah penelitian ini 1) Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthecic di MTs Nurul Aziz Suboh Situbondo 2) Bagaimana peningkatan kemampuan Berfikir Kritis siswa Setelah diterapkan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic Pada mata pelajaran IPS di MTs Nurul Aziz Suboh Situbondo ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berfokus pada peningkatan keterampilan berpikir siswa kelas VII di MTs Nurul Aziz. mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart, penelitian ini melibatkan observasi langsung untuk mengumpulkan data terkait sikap dan hasil belajar siswa selama penerapan metode Visual Auditory Kinesthetic (VAK). Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS kelas VII di MTs Nurul Aziz Suboh Situbondo. Hal ini dibuktikan pada siklus pertama, Penerapan Visual Auditory Kinesthetic ( VAK ) menunjukkan hasil positif dengan presentase ketuntasan 53,34% , meskipun beberapa siswa memerlukan pendampingan khusus. Mayoritas siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar, mendukung hipotesis bahwa VAK dapat meningkatkan kemampuan berfikir Kritis siswa. Pada siklus kedua, peningkatan signifikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, serta penggunaan sumber daya yang memadai, meningkatkan kemampuan berfikir krirtis siswa secara signifikan, dengan 98,04% siswa mencapai ketuntasan. Hasil ini menegaskan potensi besar VAK dalam meningkatkan kem ampuan berfikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | S.Pd YUNI YUNI |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 01:50 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 01:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39306 |
Actions (login required)
View Item |