RINI SRIWIJI LESTARI, - (2021) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Kompetensi Pendidik di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
Rini Sriwiji Lestari_T20173039.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rini Sriwiji Lestari, 2021: Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Mengembangkan Kompetensi Pendidik di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas Kata Kunci : Manajemen Suber Daya Manusia, Kompetensi Pendidik, Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas Suatu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas terutama kualitas sorang pendidik akan berusaha sebisa mungkin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Keberhasilan dari pengembangan sumber daya manusia terutama dalam kompetensi pendidik merupakan tujuan suatu lembaga pendidikan. Ini dapat diketahui sumber daya manusia dalam suatu organisasi khususnya dalam lembaga pendidikan diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan kompetensi pendidik sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana rekrutmen sumber daya pendidik dalam mengembangkan kompetensinya di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas? 2) Bagaimana seleksi sumber daya pendidik dalam mengembangkan kompetensinya di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas? 3) Bagaimana pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik dalam mengembangkan kompetensinya di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan rekrutmen sumber daya pendidik dalam mengembangkan kompetensinya di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu pondok pesantren Gumukmas. 2) Mendeskripsikan seleksi sumber daya pendidik dalam mengembangkan kompetensinya di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas. 3) Mendeskripsikan pelatihan dan pengembangan sumber daya pendidik dalam mengembangkan kompetensinya di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dan juga lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu : 1. Bentuk rekrutmen yang dilakukan di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu dilakukan dengan cara internal dan eksternal, akan tetapi lebih dominan menggunakan perekrutan internal atau dari dalam pondok pesantren. Dalam hal ini dilakukan untuk mempermudah pelatihan dan pengembangan jika sudah menjadi bagian dari tenga pendidik. 2. Bentuk seleksi yang dilakukan di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas dilakukan dengan cara mengidentifikasi dan evaluasi data calon pendidik. Hal ini meliputi identifikasi kriteria yang ditentukan oleh madrasah diniyah dan pondok pesantren. 3. Bentuk pelatihan dan pengembangan yang dilakukan di Madrasah Diniyah Teknik Komputer dan Jaringan Minqu Minqu Pondok Pesantren Ngashor Gumukmas yaitu dengan cara mengadakan rutinitas belajar kelompok atau diskusi bersama sampai dengan melanjutkan pendidikan bagi beberapa pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 03:57 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 03:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3931 |
Actions (login required)
View Item |