Pengembangan Modul Ajar Matematika Konteks Keislaman Berbasis Discovery Learning Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika

Febiani, Devita Indri (2025) Pengembangan Modul Ajar Matematika Konteks Keislaman Berbasis Discovery Learning Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_DEVITA INDRI FEBIANI_201101070019.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas modul ajar matematika konteks keislaman yang dikembangkan sebagai bahan ajar pada materi barisan dan deret aritmetika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X K MAN 1 Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Branch), yang meliputi lima tahap: Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).
Kevalidan produk diuji melalui validasi oleh validator ahli dan guru matematika, kepraktisan produk diuji melalui angket respon peserta didik, dan efektivitas modul diuji menggunakan hasil posttest. Data dikumpulkan menggunakan instrumen observasi, lembar angket, dan tes. Validasi dilakukan oleh tiga validator, yaitu ahli materi, bahasa, media; ahli konsep keislaman; dan guru matematika. Uji coba kelompok kecil melibatkan 6 siswa, sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan pada 27 siswa kelas X K MAN 1 Pasuruan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata validasi ahli materi, bahasa dan media, ahli konteks keislaman dan guru matematika mencapai 88,6% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik pada kelompok kecil menunjukkan hasil 79% dengan kriteria sangat praktis, sementara kelompok besar mencapai 81% dengan kriteria sangat praktis. Modul ini dinyatakan sangat efektif karena terdapat perbedaan signifikan antara persentase jumlah siswa yang tuntas KKM sebelum menggunakan modul ajar matematika konteks keislaman, yaitu 70% dan sesudah menggunakan modul ajar konteks keislaman, yang yang memperoleh persentase 82% dengan kriteria sangat efektif dengan kenaikan persentase sebesar 12%. Kesimpulannya, modul ajar matematika konteks keislaman yang dikembangkan dikategorikan sebagai sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, Discovery Learning, Barisan dan Deret Aritmetika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Devita Indri Febiani
Date Deposited: 09 Jan 2025 07:09
Last Modified: 09 Jan 2025 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39327

Actions (login required)

View Item View Item