T20188038, Soraya (2025) Pengembangan Flipbook Berbasis Discovery Learning pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa kelas XI SMA ARJASA JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SORAYA_T20188038.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata kunci : media pembelajaran flipbook, sistem peredaran darah manusia, discovery
learning.
Hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMA
Negeri Arjasa Jember menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem
peredaran darah manusia masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain
itu, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Biologi, disertai
rendahnya minat belajar, terutama pada topik yang dianggap kompleks. Salah satu faktor
penyebabnya adalah kurangnya bahan ajar yang relevan dan menarik bagi siswa. Untuk
mengatasi permasalahan ini, diperlukan pengembangan bahan ajar inovatif yang
mendukung pembelajaran lebih efektif. Pendekatan Discovery Learning dipilih karena
mampu mendorong siswa menemukan konsep secara mandiri. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa flipbook berbasis discovery
learning pada materi sistem peredaran darah manusia untuk meningkatkan efektivitas
pembelajaran Biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran
2024/2025.
Tujuan dari penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan tingkat kevalidan flipbook
berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah manusia untuk siswa
kelas XI IPA di SMA Arjasa Jember; dan 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap
flipbook berbasis discovery learning pada materi sistem peredaran darah manusia kelas
XI IPA SMA Arjasa Jember.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan research and development dengan
model pengembangan yang dikemukakan oleh Lee dan Owens yaitu assessment/analysis
yang meliputi need assessment dan front-end analysis, multimedia instructional design,
multimedia development, multimedia implementation, dan multimedia evaluation.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Intrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara
yang dikembangkan sendiri dan lembar angket yang diadaptasi dari beberapa penelitian
terdahulu. Validasi produk dilakukan oleh 1 validator ahli media, 1 validator ahli materi,
1 validator ahli bahasa indonesia, dan 1 guru biologi, uji coba kelompok kecil dilakukan
kepada 6 siswa kelas XII IPA, uji coba kelompok besar dilakukan kepada 32 siswa kelas
XI IPA SMA Arjasa Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi dari ahli materi
diperoleh persentase sebesar 84% dengan arti sangat valid, rata-rata hasil validasi dari
ahli media diperoleh persentase sebesar 86% dengan arti sangat valid, rata-rata validasi
dari ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 92% dengan arti sangat valid, rata–rata
validasi dari ahli praktisi yaitu guru diperoleh persentase sebesar 92% dinyatakan sangat
valid. Hasil penelitian untuk uji coba didapatkan rata-rata tingkat kepraktisan produk
dengan persentase sebesar 88% terkategori sangat praktis dari uji coba kelompok kecil
dan juga persentase sebesar 88% terkategori sangat praktis dari uji coba kelompok besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060601 Animal Physiology - Biophysics |
Depositing User: | Ms Perpustakaan Soraya |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:46 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39367 |
Actions (login required)
View Item |