Penyampaian Hadis Musnad Ahmad Tentang Jimat Pada Film Pendek Di Channel Youtube Akeloy Production Makna Tojjhuk Manis Episode 3 (Studi Ma’a>Ni Al-H{Adith)

Mufidatul, Hasanah (2024) Penyampaian Hadis Musnad Ahmad Tentang Jimat Pada Film Pendek Di Channel Youtube Akeloy Production Makna Tojjhuk Manis Episode 3 (Studi Ma’a>Ni Al-H{Adith). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi Acc Mufidatul hasanah revisi k3 watermax.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Kemajuan teknologi membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia, terutama
melalui perkembangan media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter. Selain
sebagai media komunikasi media sosial juga berpengaruh penting dalam memajukan karya
sastra dan penyebaran ajaran agama Islam. Platform digital memudahkan penulis
mempublikasikan sebuah karyanya baik dalam bentuk film, konten, vlog, dan lain-lain.
Sementara itu, dalam menyampaikan ajaran agama Islam media sosial memfasilitasi dakwah
yang lebih luas, cepat, dan efektif. Seperti halnya karya sastra yang diciptakan oleh Channel
Youtobe Akeloy Production, dalam bentuk film pendek Movie Madura, yang berjudul Tojjhuk
Manis. Pada film tersebut, menyampaikan dinamika sosial, dan nilai-nilai kebudayaan lokal
masyarakat Madura. Serta adanya penyampaian sebuah hadis Nabi. Namun penulis hanya
mengambil satu hadis yang akan diteliti lebih lanjut mengenai kualitas hadisnya.
Fokus permasalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana analisi penyampaian hadis
musnad Ahmad tentang jimat pada film pendek tojjhuk manis episode 3 di channel YouTube
Akeloy Production? 2. Bagaimana telaah hadis musnad Ahmad tentang jimat pada film pendek
tojjhuk manis episode 3, di channel YouTube Akeloy production.? Untuk mengidentifikasi
permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
menjelaskan fenomena melalui pengumpulan data yang dalam hal ini mendeskripsikan
mengenai analisis media cyber dalam etnografi virtual, terhadap penyampaian hadis tentang
jimat pada film tojjhuk manis episode 3, di channel YouTube Akeloy Production. Serta dalam
melakukan analisis hadis Musnad Ahmad tentang jimat yang disampaikan dalam penelitian ini
menggunakan teori ma'anil Hadits oleh Syuhudi Ismail. Dengan melakukan penelitian hadis
baik dari tekstual dan kontekstual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa channel YouTube Akeloy Productions berhasil
membuktikan pentingnya identitas digital dalam karya sastra (cyber) di dunia perfilman, sesuai
dengan analisis media cyber dalam etnografi virtual. Dalam penelitian hadis Musnad Ahmad
tentang jimat, episode ke-3 film pendek Tojjhuk menampilkan hadis dalam bentuk dialog oleh
tokoh agama. Dengan menggunakan teori ma'anil hadits dari Syuhudi Ismail, dan hadis yang
disampaikan dalam film ini memiliki derajat Hasan lizatihi, sesuai syarat ulama. Hadis tersebut
menegaskan bahwa penggunaan jimat dengan bantuan makhluk gaib atau dukun adalah haram
dan tergolong syirik, karena merusak keimanan dengan menggantungkan diri pada selain Allah
SWT.
Kata Kunci: Hadis, Film, Jimat,Etnografi virtua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100509 Video Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms. Mufidatul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2025 07:06
Last Modified: 08 Jan 2025 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39433

Actions (login required)

View Item View Item