Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Peserta Didik Berkesulitan Membaca di Sekolah Dasar (SD) NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember

Mahmudah, Imro'atul (2024) Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Peserta Didik Berkesulitan Membaca di Sekolah Dasar (SD) NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IMRO'ATUL MAHMUDAH_T20194148 WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Imro’atul Mahmudah, 2024: Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Peserta Didik Berkesulitan Membaca di Sekolah Dasar (SD) NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember
Kata Kuci: Kesulitan Membaca, Strategi Guru, Peningkatan Membaca

Membaca adalah suatu proses kegiatan aktif untuk memperoleh informasi yang terdapat dalam tulisan, sehingga dapat memahami arti dari tulisan tersebut. Dalam hal ini, peserta didik tidak semuanya memiliki kemampuan membaca. Sebagai seorang guru harus mempunyai strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Strategi yang dilakukan guru bermacam-macam dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja kesulitan membaca yang dialami peserta didik di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember? 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik berkesulitan membaca di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember? 3) Bagaimana peningkatan kemampuan membaca pada peserta didik berkesulitan membaca di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember?
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kesulitan membaca peserta didik di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember. (2) untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik berkesulitan membaca di SD NU 06 Mftahul Ulum Wuluhan Jember. 3) untuk mengetahui peningkatan membaca peserta didik berkesulitan membaca di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini sampai pada simpulan (1) kesulitan membaca yang dialami peserta didik di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember antara lain peserta didik menghilangkan kata atau huruf, peserta didik mengucapkan kata dengan bantuan guru, peserta didik mengulang kata, peserta didik membalikkan huruf, peserta didik kurang memperhatikan tanda baca, peserta didik melakukan pembetulan sendiri, peserta didik ragu-ragu dalam membaca dan peserta didik tersendat-sendat dalam membaca; (2) strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember antara lain guru memberikan bimbingan belajar, guru memberikan perhatian dan motivasi, guru mengenalkan metode abjad. Adapun metode yang digunakan guru antara lain: metode abjad, metode kartu huruf, metode eja dan metode dikte. (3) peningkatan kemampuan membaca peserta didik di SD NU 06 Miftahul Ulum Wuluhan Jember antara lain mengenal dan memahami huruf, mengenal dan memahami tanda baca, dapat melafalkan tulisan, kelancaran saat membaca dan kejelasan suara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Imro'atul Mahmudah
Date Deposited: 09 Jan 2025 01:42
Last Modified: 09 Jan 2025 01:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39500

Actions (login required)

View Item View Item