Hidayat, Riyan (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Lapisan Bumi Kelas VII MTs Al-Firdaus Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Riyan Hidayat_T201910093.pdf Download (20MB) |
Abstract
Riyan Hidayat, 2024: Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Materi Lapisan Bumi Pada Siswa Kelas VII MTs Al-Firdaus Panti Jember
Kata kunci: Discovery Learning, Lapisan Bumi, hasil belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Mts Al-Firdaus Panti Jember, yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan model dalam proses pembelajaran, siswa merasa kesulitan jika hanya menggunakan model pembelajaran konvensional sebagai penyampaian materi pembelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan akan menjadi solusi adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang dapat menciptakan suasana aktif dan menyenangkan selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa akan meningkat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan Model Discovery Learning pada pembelajaran IPA? Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan Model Discovery Learning pada pembelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experiment dengan bentuk penelitian eksperimen ini adalah Nonequivalent Group Pretest Posttest Design untuk data hasil belajar. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa dan VII F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa, total kedua sampel yaitu 72 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan Independent Sampel T-Tes.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa materi lapisan bumi kelas VII di MTs Al-Firdaus Panti Jember dengan hasil signifikansi Uji-T sebesar 0,005 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan untuk penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES > 0406 Physical Geography and Environmental Geoscience > 040601 Geomorphology and Regolith and Landscape Evolution |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Riyan Hidayat |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 08:07 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 08:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39665 |
Actions (login required)
View Item |