Nur Azizah, Aisyah (2024) PENERAPAN MEDIA STIK ES KRIM DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA BHAKTI DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI AISSS WM_compressed(1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Aisyah Nur Azizah. T20185055. Penerapan Media Stik Es Krim Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Dharma Bhakti Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Media pembelajaran, stik es krim, kognitif, anak usia dini
Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang berkaitan dengan proses pembelajaran pada anak usia 4-5 tahun. Proses pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan kognitif salah satunya menggunakan stik eskrim. Media stik eskrim adalah alat untuk mengelaborasi proses belajar mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak usia dini.
Fokus Penelitian ini yaitu 1) Bagaimana penerapan media stik es krim dalam mengembangkan kemampuan berhitung siswa pada anak usia 4-5 tahun Di Tk Dharma Bhakti Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana kendala guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun melalui media stik es krim di DI TK Dharma Bhakti Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan media stik es krim dalam mengembangkan kemampuan berhitung siswa pada anak usia 4-5 tahun Di Tk Dharma Bhakti Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, 2) Untuk mengetahui kendala guru dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun melalui media stik es krim di DI TK Dharma Bhakti Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan media stik es krim dilakukan beberapa langkah yaitu guru menjelaskan dan memberi pemahaman tentang kegunaan media stik es krim yang akan digunakan untuk belajar berhitung. Setelah itu guru memberikan satu persatu stik es krim kepada siswa dan menyuruh siswa belajar dengan menggunakan media stik es krim. Jadi stik es krim itu ada beberapa warna dan guru juga mencetak beberapa angka. Kemudian guru menyuruh siswa untuk mencocokkan antara gambar dan dengan petunjuk di stik es krimnya, 2) kendala guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun melalui media stik esk krim yaitu a) suasana kelas yang ramai dan tidak kondusif, b) Bahan media stik es krim yang mudah patah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100102 Agricultural Marine Biotechnology 10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100103 Agricultural Molecular Engineering of Nucleic Acids and Proteins 10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100108 Livestock Cloning |
Depositing User: | Ms Aisyah Nur Azizah |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 08:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 08:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39707 |
Actions (login required)
View Item |