Pengembangan Media Gambar Berseri pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Kelas IV MI NU Nurul Fattah Puger Jember

Dwi Amaliya, Afifin (2024) Pengembangan Media Gambar Berseri pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Kelas IV MI NU Nurul Fattah Puger Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AFIFIN DWI AMALIYA (T20194079).pdf

Download (8MB)

Abstract

Media Gambar Berseri merupakan media gambar yang menggambarkan
suatu rangkaian cerita atau peristiwa secara urut berdasarkan topik yang terdapat
pada gambar. Melihat peserta didik yang masih sebagian belum bisa memahami
materi Menulis Karangan Narasi, maka cocok dikembangkannya media Gambar
Berseri. Media gambar ini di desain dengan aplikasi Canva dan gambar yang
sudah selesai di desain di cetak menggunakan kertas Art Paper dengan ukuran A4
(21cm x 29,7cm) kemudian di jilid kawat spiral.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses
pengembangan media Gambar Berseri dalam meningkatkan keterampilan Menulis
Karangan Narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI NU Nurul
Fattah Puger Jember. (2) Bagaimana kelayakan media Gambar Berseri dalam
meningkatkan keterampilan Menulis Karangan Narasi pada pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas IV di MI NU Nurul Fattah Puger Jember. (3) Bagaimana
kepraktisan media Gambar Berseri dalam meningkatkan keterampilan Menulis
Karangan Narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI NU Nurul
Fattah Puger Jember. (4) Bagaimana keefektifan media Gambar Berseri dalam
meningkatkan keterampilan Menulis Karangan Narasi pada pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas IV di MI NU Nurul Fattah Puger Jember.
Untuk mengidentifikasi rumusan masalah tersebut, penelitian ini
menggunakan metode (R&D) Reseacrh and Development dengan menggunakan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain,
pengembangan, implementsi dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa
kelas IV di MI NU Nurul Fattah Puger Jember tahun 2024-2025 yang berjumlah
20 siswa.
Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu penelitian
pengembangan media Gambar Berseri pada pembelajaran Menulis Karangan
Narasi maka dapat disimpulkan : 1) Hasil pengembangan media Gambar Berseri
yaitu berupa media gambar yang didesain menggunakan aplikasi Canva kemudian
dicetak menggunakan kertas Art Paper berukuran A4 (21cm x 29,7cm) dan dijilid
kawat spiral sehingga berbentuk seperti buku dan didalamnya berisi tentang
Gambar Berseri materi Menulis Karangan Narasi. 2) Hasil kelayakan Media
Gambar Berseri memperoleh skor 90% dari validasi ahli media dan memperoleh
skor 87,5% dari validasi ahli materi. 3) Hasil kepraktisan yang diperoleh dari
angket respon peserta didik kelas IV mendapat skor 96%. 4) Hasil keefektifan
yang diperoleh dari nilai pretest peserta didik 72,5% dan nilai posttest 84%. Hasil
rata-rata 91%, jika rata-rata diatas 81%-100% maka dalam kategori sangat valid
atau layak diguankan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Gambar Berseri, Menulis Karangan Narasi, Pembelajaran
Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1602 Criminology > 160201 Causes and Prevention of Crime
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afifin Dwi Amaliya
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:04
Last Modified: 13 Jan 2025 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39727

Actions (login required)

View Item View Item