ANALISIS SOAL PENALARAN PROPORSIONAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS VII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Sari, Ervana (2024) ANALISIS SOAL PENALARAN PROPORSIONAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS VII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ervana Sari.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ervana Sari, 2024: “Analisis Penalaran Soal Proporsional Dalam Buku Teks Matematika Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi”
Kata Kunci : Penalaran Proporsional, Taksonomi Bloom Revisi, Analisis Buku Teks, Pendidikan Matematika, SMP.
Analisis soal penalaran proporsional dalam konteks pendidikan matematika, khususnya untuk siswa SMP, merupakan kegiatan yang penting untuk mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep proporsionalitas.
Fokus utama penelitian meliputi dua aspek: pertama, distribusi persentase soal penalaran proporsional pada buku Buku Teks Matematika Siswa Kelas VII Kurikulum Merdeka Edisi 2021 Penulis Tim Gakko Tosho dan kedua, mendata distribusi persentase soal penalaran proporsional dalam Buku Teks Matematika Kelas VII Kurikulum Merdeka Edisi 2021 yang ditulis oleh Tim Gakko Tosho Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penalaran proporsional dalam buku teks matematika siswa SMP kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang berfokus pada buku siswa di SMPN 1 Mumbulsari, Kabupaten Jember.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa soal-soal dalam buku teks matematika tersebut mencakup seluruh penalaran proporsional terdiri dari lima level yaitu kualitatif, aditif, pra multiplikatif, multiplikatif implisit dan multiplikatif, sedangkan dimensi kognitif dari C1 hingga C6 menurut Taksonomi Bloom Revisi. Namun, distribusi soal tidak merata terdapat dominasi soal berpikir tingkat rendah (C1 hingga C3) dan soal menganalisis (C4), sementara soal mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6) sangat minim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Ervana Sari
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:31
Last Modified: 13 Jan 2025 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39745

Actions (login required)

View Item View Item