Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Penghargaan dan Hukuman yang mendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Banyuwangi

NUR, LAILY (2021) Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Penghargaan dan Hukuman yang mendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
NUR LAILY_T20173025.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nur Laily, 2021: Peran Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Penghargaan dan Hukuman yang mendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Banyuwangi Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan, penghargaan dan hukuman,di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Banyuwangi Disiplin merupakan proses melatih pikiran dan karakter anak secara bertahap, sehingga menjadi seseorang yang memiliki control diri yang dapat berguna bagi masyarakat. Disiplin sangat perlu diterapkan di lingkungan pendidikan guna melatih dan membentuk siswa menjadi pribadi yang baik dan unggul, sehingga ketika mereka terjun dilingkungan masyarakat dapat menghargai apa yang menjadi aturan masyarakat. Konteks penelitian dalam penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana perencanaan kedisiplinan siswa di MTsN 4 Banyuwangi ? 2). Bagaimana pelaksanaan penghargaan dan hukuman mendidik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 4 Banyuwangi ? 3). Apa saja faktor pendukung dan penghambat penghargaan dan hukuman yang mendidik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 4 Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan perencanaan kedisiplinan siswa di MTsN 4 Banyuwangi, 2). Mendeskripsikan pelaksanaan penghargaan dan hukuman yang mendidik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 4 Banyuwangi, 3). Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa melalui penghargaan dan hukuman yang mendidik Peneliti mengggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini studi kasus. Teknik pengmpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data ini menggunakan model interaktif, Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah 1) kondensasi data,2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Sedangkan pada keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini meliputi perencanaan kedisplinan siswa bekerja sama antar semua komponen yang ada di madrasah. Dalam kegiatan ini ada beberapa hal yang dilakukan pihak lembaga yang diantaranya ialah melakukan analisa kebutuhan, penyusunan program, penyediaan sarana fisik dan teknis dan yang terakhir adalah melakukan pembagian tugas, dan menyiapkan sebuah program yang menunjang pelaksanaan tersebut yakni penghargaan dan hukuman yang mendidik. Dalam pelaksanaannya dilaksanakan oleh semua pihak yang ada dilingkungan madrasah, mulai dari siswa masuk hingga pulang, siswa akan terus mendapatkan pantauan dari para guru, untuk siswa yang tertib dan tidak ada pelanggaran yang ia lakukan selama setahun, maka siswa tersebut akan mendapatkan peluang besar untuk bisa memasuki organisasi madrasah. Namun, ketika siswa itu melakukan pelanggran maka akan mendapatkan sanksi sesuai dengan apa yang mereka langgar. Dan faktor pendukung dari program ini ialah banyak nya elemen yang terlibat dalam hal ini dan administrasi yang jelas dalam pelaksanaannya sehingga apa yang di jatuhkan kepada siswa akan sesuai dengan yang dilakukan oleh siswa tersebut. Sedangkan faktor penghambat dari program ini ialah banyaknya jumlah siswa yang ada sehingga pelaksanaannya akan kurang maksimal, kurangnya rasa tanggunggjawab yang dimiliki oleh sebagian para guru sehingga berdampak bagi siswa yang sebagian menganggap bahwa peraturan yang di madrasah tidak wajib untuk ditaati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 May 2022 03:55
Last Modified: 23 May 2022 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item