Pembelajaran Tahfizhul Quran Melalui Metode Kauny Di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi Tahun 2019

MEGA SUCI AMBARWATI, - (2020) Pembelajaran Tahfizhul Quran Melalui Metode Kauny Di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi Tahun 2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MEGA SUCI AMBARWATI_T20151283.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mega Suci Ambarwati (T20151283), 2019: Pembelajaran Tahfizhul Quran Melalui Metode Kauny Di Ma’had Askar Kauny Banyuwangi Tahun 2019 Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) ada sekitar 65 persen masyarakat yang buta aksara al-Quran, padahal mengenal huruf- huruf al-Quran merupakan kunci utama untuk bisa membaca dan menghafal al-Quran. Menghafal al-Quran juga bagian dari kurikulum pendidikan al-Quran yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Dan Keagamaan. Masyarakat luas masih merasa kesulitan untuk menghafal al-Quran dengan berbagai macam alasan. Tahun 2011 ustadz Bobby Herwibowo Lc. berhasil mengenalkan metode temuannya yaitu metode Kauny yang menggunakan teknik Quantum memory dengan mottonya menghafal al-Quran semudah tersenyum sebagai solusi untuk memudahkan menghafal al-Quran. Terdapat ma’had Askar Kauny yang difungsikan untuk memfasilitasi para penghafal al-Quran khusus dari kalangan yatim piatu dan duafa yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia dua di antaranya berada di Jawa Timur yaitu di Pasuruan dan Banyuwangi. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tujuan pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi tahun 2019? 2) Bagaimana materi yang diajarkan dalam pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi tahun 2019? 3) Bagaimana metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di mahad Askar Kauny Banyuwangi tahun 2019? 4) Bagaimana media yang digunakan dalam pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi tahun 2019? 5) Bagaimana evaluasi pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi tahun 2019?. Adapun tujuannya adalah Mendeskripsikan tujuan, materi, metode, media, evaluasi pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi tahun 2019. Adapun teori yang berkaitan dengan fokus penelitian yang peneliti cantumkan yaitu teori tentang pembelajaran, tahfizhul Quran, dan metode Kauny. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode atau teknik. Hasil dari penelitian ini pertama, tujuan pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi yaitu memiliki tujuan dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Materi pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny yang diterapkan di ma’had Askar Kauny Banyuwangi terdiri dari materi pelajaran kurikuler yang di dalamnya adalah tahfizh Quran, tahfizh hadis dan pengetahuan, mata pelajaran kokurikuler dan ekstra kurikuler. Santri tahfizh yang masih semester I sedang menghfalkan surat An-Naba. Ketiga, metode pembelajaran tahfizhul Quran di ma’had Askar Kauny Banyuwangi menggunakan metode Kauny dengan teknik baby reading, berfikir positif dan teknik Quantum. Keempat, Media yang digunakan dalam pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi yaitu media berbasis cetakan yaitu mushaf Kauny, media berbasis audio, pajangan dan berbasis manusia. Kelima, evaluasi dalam pembelajaran tahfizhul Quran melalui metode Kauny di ma’had Askar Kauny Banyuwangi penilaiannya dilakukan secara lisan, tertulis, observasi, dan praktik unjuk kerja santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 23 May 2022 03:55
Last Modified: 23 May 2022 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item View Item