Nurlaili, Febrilia (2025) STRATEGI PRODUKSI ANIMASI DAKWAH AKUN TIKTOK @CULAPCULIP DALAM MEMPERTAHANKAN PERSONAL BRANDING. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Febrilia Nurlaili (New).pdf Download (3MB) |
Abstract
Febrilia Nurlaili, 2024 : Strategi Produksi Animasi Dakwah Akun Tiktok @Culapculip Dalam Mempertahankan Personal Branding
Kata Kunci : Personal Branding, Produksi Animasi, Strategi
Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena pembuatan konten yang menyimpang dari nilai agama dan UU ITE pemerintah sehingga beberapa akun animasi dakwah menutup akunnya karena terjadinya persaingan. Culap Culip mampu menghadirkan dakwah animasi yang lebih menarik perhatian dengan konten dakwah yang relevan pada penontonnya agar dapat bersaing dengan konten kreator lainnya. Adanya penelitian ini dapat memberikan wawasan tentang cara animasj Culap Culip mempertahankan personal branding melalui strategi produksi animasi.
Penelitian ini memiliki fokus di antaranya 1) Bagaimana strategi pra produksi, produksi dan pasca produksi animasi dakwah akun TikTok @Culapculip dalam mempertahankan personal branding 2) Bagaimana animasi Culap Culip dalam mempertahankan personal branding di TikTok. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pra produksi, produksi dan pasca produksi animasi dakwah akun TikTok @Culapculip untuk mempertahankan personal branding 2) Untuk mengetahui animasi Culap Culip dalam mempertahankan personal branding animasi di TikTok.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan yang digunakan penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Strategi produksi animasi Culap Culip melalui proses pra produksi, produksi dan pasca produksi. Pengembangan ide cerita yang relevan, desain karakter yang mencerminkan nilai-nilai keislaman, serta proses editing yang cermat untuk menciptakan pengalaman menonton yang emosional. Unsur humor dan dakwah pada animasi ini mampu menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkuat personal branding 2) Animasi Culap Culip dalam mempertahankan personal branding di TikTok melalui tiga indikator utama kekhasan, relevansi, dan konsistensi, yang menjadikannya unik dan menarik di antara konten lainnya. Penyampaian pesan yang ringkas, nilai-nilai moral yang dekat dengan penonton, serta pengunggahan konten secara rutin, animasi ini menciptakan ikatan emosional yang kuat dan membangun kepercayaan di kalangan pengikutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160101 Anthropology of Development |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | febrilia Nurlaili |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:55 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39811 |
Actions (login required)
View Item |