Penanaman Nilai-Nilai Kesetaraan Gender kepada Santri di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Intan Safitri, - (2021) Penanaman Nilai-Nilai Kesetaraan Gender kepada Santri di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Intan Safitri_T20171367.pdf

Download (7MB)

Abstract

Intan Safitri, 2021: Penanaman Nilai-Nilai Kesetaraan Gender kepada Santri di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Kata kunci: penanaman, nilai-nilai kesetaraan gender, santri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember Nilai-nilai kesetaraan gender sangat penting diajarkan untuk mengurangi adanya ketidakadilan dan deskriminasi terhadap pihak-pihak tertentu. Banyak masyarakat yang masih memandang perempuan itu lemah, tidak berhak mendapatkan pendidikan dan sebagainya. Adanya bias gender yang terdapat pada buku pelajaran Pendidikan Agama Islam juga dapat membuat peserta didik salah faham terhadap pengertian kesetaraan gender yang sesungguhnya. Padahal dalam Islam sendiri tidak ada pengajaran yang menunjukkan bahwa laki-laki lebih tinggi derajatnya daripada perempuan. Berdasrakan dengan permasalahan di atas, kemudian peneliti menentukan fokus penelitan di antaranya: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai kesetaraan hak gender kepada santri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember? 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai kesetaraan tanggung jawab gender kepada santri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penanaman nilai-nilai kesetaraan hak gender kepada santri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember. 2) mendeskripsikan penanaman nilai-nilai kesetaraan tanggung jawab gender kepada santri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analaisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Penanaman nilai-nilai kesetaraan hak gender kepda santri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember. Pada penanaman nilai-nilai kesetaraan hak gender yaitu dengan mengajarkan dan mempraktikkan nilai-nilai kesetaraan hak pendidikan, hak kehormatan dan hak berpendapat yang diterapkan dalam bentuk pengajian, peraturan dan tata tertib santri. 2) Penanaman nilai-nilai kesetaraan tanggung jawab gender di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember. Pada penanaman nilai-nilai kesetaraan tanggung jawab gender yaitu dengan mengajarkan dan mempraktikkan nilai-nilai kesetaraan tanggung jawab kepada Tuhan (vertikal), tanggung jawab kepada diri sendiri (personal) dan tanggung jawab kepada sesuatu yang ada pada luar dirinya (horizontal) melalui kegiatan-kegiatan rutinitas di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Jember dan tata tertib santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 03:55
Last Modified: 23 May 2022 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item View Item