pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita pada kelempol b raudatul athfal ganesha darul muttaqin desa sumber ketempa kecamatan kalisat kabupaten jember.

Hayati, - (2020) pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita pada kelempol b raudatul athfal ganesha darul muttaqin desa sumber ketempa kecamatan kalisat kabupaten jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam usia dini.

[img] Text
Hayati_T20165082.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hayati, 2020: PEMBELAJARAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI DAN BERCERITA PADA KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL GANESHA DARUL MUTTAQIN DESA SUMBER KETEMPA KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER. Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Manusia dan bahasa seperti dua sisi mata yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Bahkan sejak dalam masa kandungan pun manusia sudah diajak komunikasi dan mendapatkan bahasa. Melalui pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dalam mengekspresikan diri dan mengenal pembendaharaan kata. Fokus dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita pada kelompok B di Raudatul Athfal Ganesha Darul Muttaqin Sumber ketempa Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita pada kelompok B di Raudatul Athfal Ganesha Darul Muttaqin Sumber ketempa Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif,Adapun penentuan subyek penelitiannya menggunakan tekhnik purposive dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisi model miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data,kondensasi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita pada kelompok B di Raudatul Athfal Ganesha Darul Muttaqin dilakukan dengan guru membuat Prota,promes,RPPM dan RPPH menentukan metode yang akan digunakan dalam kegiatan yaitu metode bernyanyi dan bercerita dan kemudian mempersiapkan media yang akan digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran.2) pelaksanaan pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita pada kelompok B di Raudatul Athfal Ganesha Darul Muttaqin dilakukan dengan membentuk kelompok ,menentukan aturan main dan kegiatan yang akan dilakukan sehingga setiap siswa dapat terlibat dalam kegiatan tersebut.3) evaluasi pembelajaran bahasa melalui metode bernyanyi dan bercerita pada kelompok B di Raudatul Athfal Ganesha Darul Muttaqin dilakukan dengan pengamatan langsung oleh guru terhadap anak didik dengan menyiapkan catatan kecil dan mendokumentasikan kegiatan anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 23 May 2022 04:06
Last Modified: 23 May 2022 04:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3990

Actions (login required)

View Item View Item