Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Mahasiswa Pecandu Game Mobile Legends Di Kampus UIN KHAS Jember

Hasan Tifanu, Mohammad Zakki (2025) Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Mahasiswa Pecandu Game Mobile Legends Di Kampus UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Zakki Hasan Tifanu_D20191064.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Zakki Hasan Tifanu: Komunikasi Interpersonal Mahasiswa
Pecandu Game Mobile Legends Di Kampus UIN KHAS Jember
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Game Mobile Legends, Pecandu
Komunikasi interpersonal memiliki peran penting dalam membangun
hubungan sosial, khususnya di lingkungan kampus. Dalam era digital, permainan
daring seperti Mobile Legends menciptakan ruang sosial baru melalui fitur voice
chat yang membentuk pola komunikasi unik. Di UIN KHAS Jember, mahasiswa
pecandu Mobile Legends memiliki intensitas bermain tinggi, membentuk
subkultur yang memengaruhi komunikasi, baik virtual maupun nyata. Permainan
ini memperkuat kerja sama dan rasa kebersamaan, tetapi juga menimbulkan
dinamika emosional, termasuk penggunaan bahasa kasar yang kadang terbawa ke
hubungan sosial di luar komunitas permainan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Pola komunikasi interpersonal mahasiswa
pecandu Mobile Legends di UIN KHAS Jember. 2) Pola komunikasi dalam dunia
virtual. 3) Pola komunikasi di luar dunia virtual. Penelitian ini bertujuan: 1)
Mengetahui pola komunikasi mahasiswa pecandu Mobile Legends di UIN KHAS
Jember. 2) Mengetahui pola komunikasi dalam dunia virtual. 3) Mengetahui pola
komunikasi di luar dunia virtual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis
melalui pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan
validitas diuji melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan intensitas bermain memengaruhi pola
komunikasi interpersonal. Di dunia maya, komunikasi fokus pada strategi
permainan tetapi sering diselingi bahasa kasar akibat dinamika permainan.
Kebiasaan ini kadang terbawa ke dunia nyata, memengaruhi hubungan sosial.
Meski begitu, Mobile Legends memperkuat kerja sama, pengertian, dan rasa
kebersamaan, menciptakan subkultur yang memperkuat identitas kelompok
sekaligus memberikan dampak pola komunikasi interpersonal mahasiswa secara
positif maupun negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Depositing User: Mohammad Zakki Hasan Tifanu
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:32
Last Modified: 21 Jan 2025 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39902

Actions (login required)

View Item View Item