Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Melalui Strategi Know, Want To Know,Learned Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada PesertaDidik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 02 TegalwangiUmbulsari Jember Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Zahro, Fara Azizatuz (2024) Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Melalui Strategi Know, Want To Know,Learned Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada PesertaDidik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 02 TegalwangiUmbulsari Jember Tahun Pembelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 122 MPI 2024)
FARA AZIZATUZ ZAHRO_T20184099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fara Azizatuz Zahro, 2024. Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Melalui Strategi Know, Want To Know,Learned Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada PesertaDidik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum 02 TegalwangiUmbulsari Jember Tahun Pembelajaran 2023/2024.
KataKunci:StrategiKWl, Keterampilan Membaca Teks.

Membaca merupakan sebuah permasalahan yangsering terjadi. Namundalam membaca sebuah teks juga memerlukan sebuah strategi agar memudahkan peserta didik untuk memahami sebuah teks tersebut. Oleh karena itu, guru menyiapkanstrategiknow,wanttoknow,learneddalammeningkatkanhasilbelajar peserta didik pada pembelajaran bahasa indonesia dapat memberikan pembelajran yangbermaknasekaligusdapatmelatihpesertadidikdalammembacadenganteliti dan cepat dalam memahami suatu pengetahuan.
Fokuspenelitian ini yaitu Bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi know want learned pada peserta didik kelas IV MI BustanulUlum02TegalwangiUmbulsariJember.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui staretgi Know Want Learned pada peserta didik kelas IV Bustanul Ulum 02 Tegalwangi Umbulsari Jember.
Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) prosedur penelitian ini sesuai dengan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam proses berdaur atau siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tindakan. Terdiri dari Planning (perencanaan), Action (tindakan), Observation (pengamatan), dan Reflection (refleksi). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah BustanulUlum 02TegalwangiUmbulsari Jember dengan jumlah19 siswa ,terdiri
9 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, tes tertulis dan lembar observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I peserta didik menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahamn dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran pada saat pratindakan yaitu 7 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan persentase 36,84%. Dan yang tidak mencapai nilai KKM sebanyak 12 peserta didik dengan persentase 63,16%. Pada siklus II peserta didik menunjukkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman yang cukup baik dengan perolehan peserta didikyangmencapainilaiKKMsebanyak17siswadenganpersentase89,47%dan yang tidak mencapai nilai KKM sebanyak 2 siswa dengan persentase 10,53%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Perpustakaan Fara Azizatuz Zahro
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:58
Last Modified: 07 Feb 2025 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39951

Actions (login required)

View Item View Item