Chalim, Mufidah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Menggunakan Powerpoint pada Materi Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.
Text
Chalim Mufidah_T20177087.pdf Download (24MB) |
Abstract
Chalim Mufidah, 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Menggunakan Powerpoint pada Materi Bilangan Bulat untuk Siswa Kelas VII SMP Kata kunci: ADDIE, Bilangan Bulat, Android, Media Pembelajaran Interaktif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknologi informasi digunakan sebagai bagian dari media pembelajaran yang dapat menyajikan tema agar lebih menarik, serta memudahkan dalam penyampaian materi pembelajaran. Agar pembelajaran dapat mengembangkan sumber belajar tanpa hambatan, telah tersedia perangkat lunak sederhana dan mudah digunakan yaitu powerpoint yang dikonversi dalam bentuk android sehingga dapat digunakan untuk merancang sumber belajar dengan tampilan yang lebih menarik dan inovatif. Media pembelajaran berupa aplikasi pada sistem operasi android dapat mempermudah proses belajar siswa. Karena gambar, warna, video dan animasi dapat diintegrasikan ketika mengembangkan media berbasis android, kepraktisannya dapat digunakan di mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan proses pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android menggunakan powerpoint materi bilangan bulat untuk siswa kelas VII SMP, 2) Menjelaskan kevalidan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android menggunakan powerpoint pada materi bilangan bulat untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIB. Tahapannya ada 5, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap Development (Pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pendidikan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pengembangan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android disesuaikan dengan model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analysis) meliputi analisis kebutuhan dan analisis karakteristik siswa. Tahap perencanaan (design) yaitu pemilihan dan perancangan awal media, disesuaikan dengan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa yang telah dilakukan, tahap pengembangan (development) merupakan tahap realisasi produk yang dikembangkan yakni media pembelajaran matematika interaktif berbasis android pada materi bilangan bulat untuk siswa kelas VII SMP, berupa media pembelajaran matematika yang disajikan dalam bentuk aplikasi android dengan pemakaian memori sebesar 12 MB dengan minimal versi android 5.0 (Lollipop). Pada tahap ini juga dilakukan perbaikan setelah menerima saran, komentar, dan masukan dari ketiga validator. 2) Tingkat kevalidan media pembelajaran matematika interaktif berbasis android yaitu sangat valid, dengan hasil dari ahli media diperoleh persentase 8796, dari ahli materi adalah 9496, dan ahli pendidikan diperoleh persentase 9396. Sehingga media pembelajaran matematika interaktif berbasis android ini valid untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:06 |
Last Modified: | 23 May 2022 04:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3996 |
Actions (login required)
View Item |