peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya

Latif, Abdul (2024) peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ABDUL LATIF T20181209.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena SMP Shafta Surabaya merupakan SMP Islam terbaik yang menanamkan budaya religius dengan menginternalisasikan nilai-nilai religius yang merupakan peran guru Pendidikan Agama Islam di sekolah.
Fokus penelitian ini yaitu; a) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya tahun pelajaran 2023/2024, b) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya tahun pelajaran 2023/2024, c) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya tahun pelajaran 2023/2024.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu; a) untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengajar dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya tahun pelajaran 2023/2024, b) untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya tahun pelajaran 2023/2024, c) untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil temuan dalam penelitian ini, yaitu; 1. Peran guru pendidikan agama Islam sebagai pengajar dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya, yaitu a) menstimulus peserta didik terkait pembiasaan yang telah dirancang, b) mengajarkan budaya 5S, c) mengajarkan berdo’a, d) mengajarkan membaca Al-Qur’an., 2. Peran guru pendidikan agama Islam sebagai pembimbing dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya, yaitu a) pembiasaan sholat berjamaah, b) pembiasaan dzikir dan do’a setelah sholat., 3. Peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk budaya religius di SMP Shafta Surabaya, yaitu a) pembiasaan pembacaan sholawat nariyah, b) pembiasaan memakai busana muslim, c) pembiasaan ke Shafta an, d) pembiasaan pembacaan istighosah, e) pembiasaan kultum siswa.

Abstract
This research is motivated because SMP Shafta Surabaya is the best Islamic junior high school that instills religious culture by internalizing religious values which is the role of Islamic Religious Education teachers in schools.
The focus of this research is; a) how is the role of Islamic Religious Education teachers as teachers in forming a religious culture at SMP Shafta Surabaya in the 2023/2024 academic year, b) how is the role of Islamic Religious Education teachers as mentors in forming a religious culture at SMP Shafta Surabaya in the 2023/2024 academic year, c) how is the role of Islamic Religious Education teachers as motivators in forming a religious culture at SMP Shafta Surabaya in the 2023/2024 academic year.
The objectives of this research are; a) to describe the role of Islamic Religious Education teachers as teachers in forming a religious culture at SMP Shafta Surabaya in the 2023/2024 academic year, b) to describe the role of Islamic Religious Education teachers as mentors in forming a religious culture at SMP Shafta Surabaya in the 2023/2024 academic year, c) to describe the role of Islamic Religious Education teachers as motivators in forming a religious culture at SMP Shafta Surabaya in the 2023/2024 academic year.
This study uses a descriptive qualitative approach. Data collection uses interview, observation and documentation techniques. Data analysis in this study was carried out by collecting data, reducing data, presenting and drawing conclusions. The validity of the data in this study uses triangulation of sources and techniques.
The findings in this study are; 1. The role of Islamic religious education teachers as teachers in forming a religious culture at Shafta Middle School, Surabaya, namely a) stimulating students related to the habits that have been designed, b) teaching the 5S culture, c) teaching prayer, d) teaching reading the Qur’an., 2. The role of Islamic religious education teachers as guides in forming a religious culture at Shafta Middle School, Surabaya, namely a) the habit of praying in congregation, b) the habit of dhikr and prayer after prayer., 3. The role of Islamic religious education teachers as motivators in forming a religious culture at Shafta Middle School, Surabaya, namely a) the habit of reciting the sholawat nariyah, b) the habit of wearing Muslim clothing, c) the habit of going to Shafta’an, d) the habit of reciting istighosah, e) the habit of students’ kultum.

Kata kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Abdul Latif
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:19
Last Modified: 25 Feb 2025 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39972

Actions (login required)

View Item View Item