Perspektif Siswa Pecandu Game Online terhadap Pengamalan Ibadah Shalat di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember.

Ferdian Kurnia Robby, - (2020) Perspektif Siswa Pecandu Game Online terhadap Pengamalan Ibadah Shalat di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Ferdian Kurnia Robby_ 084 141 352.pdf

Download (14MB)

Abstract

Ferdian Kurnia Robby: 2020, Perspektif Siswa Pecandu Game Online terhadap Pengamalan Ibadah Shalat di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing : Dr. H. Mundir, M.Pd. Kecanggihan teknologi yang sangat pesat memberikan pengaruh besar pada kehidupan manusia. Handphone merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi. Handphone terus mengalami pembaharuan menjadi smartphone. Seiring dengan adanya smartphone, bermunculan jenis-jenis permainan canggih seperti game online. Game online yang sangat mudah diakses melalui smartphone kini menjadi hal yang sangat digemari oleh kalangan remaja dalam hal ini pelajar. Game online dapat menjadi hiburan bagi pelajar, melatih konsentrasi, sarana sosialisasi, serta dapat meningkatkan kerjasama antar tim. Namun, di sisi lain game oline justru dapat membuat pelajar menjadi kecaduan sehingga menyebabkan munculnya gangguan mental, mempengaruhi prestasi belajar, sering menunda pekerjaan, menimbulkan tindakan asosial serta remaja menjadi tidak memiliki skala prioritas dalam aktivitas sehari-hari salah satunya prioritas menjalankan ibadah wajib yaitu shalat. Berdasarkan hal tersebut, fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana perspektif siswa pecandu game online terhadap pengamalan ibadah shalat di SMAN 5 Jember terkait intensitas pelaksanaan ibadah shalat wajib, (2) Bagaimana perspektif siswa pecandu game online terhadap pengamalan ibadah shalat di SMAN 5 Jember terkait Ketepatan waktu pelaksanaan ibadah shalat wajib, (3) Bagaimana perspektif siswa pecandu game online terhadap pengamalan ibadah shalat di SMAN 5 Jember terkait kekhusyu‟an pelaksanaan ibadah shalat wajib. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis perspektif siswa pecandu game online terhadap pengamalan ibadah shalat di SMAN 5 Jember terkait intensitas, ketepatan waktu dan kekhusyu‟an pengamalan ibadah shalat wajib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SMAN 5 Jember karena di SMAN 5 Jember merupakan sekolah yang telah terpapar game online dan ditemukan temuan bahwa ketika masuk waktu shalat beberapa siswa lebih memilih bermain game online daripada menyegerakan melakukan ibadah shalat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu pertama: perspektif siswa pecandu game online terhadap intensitas pengamalan shalat wajib yaitu mereka menjadi malas mengerjakan shalat wajib terutama pada saat mereka sedang asyik bermain game online bahkan tidak jarang mereka meninggalkan shalat. Kedua: ketika masuk waktu shalat, mereka tidak menyegerakan untuk shalat dan sering terlambat dalam melaksanakan shalat terutama saat shalat maghrib dan isya‟. Ketiga : perspektif siswa pecandu game online menjadi tidak khusyu‟ saat mengerjakan shalat wajib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 04:09
Last Modified: 23 May 2022 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item