MARFU’ATUL, HUSNA (2020) Peran K.H.Abdul Kholiq Khobir Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kesadaran Pendidikan Terhadap Masyarakat Di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
MARFU’ATUL HUSNA_084131086.pdf Download (13MB) |
Abstract
Marfua’atul Husna, 2020: Peran K.H.Abdul Kholiq Khobir Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kesadaran Pendidikan Terhadap Masyarakat Di Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Kesadaran tentang pentingnya pendidikan yang dapat memberikan harapan dan kemungkinan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang, telah mendorong berbagai upaya dan perhatian seluruh lapisan masyarakat terhadap setiap langkah dan perkembangan dunia pendidikan. Pendidikan sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia, mendewasakan manusia serta mengubah perilaku manusia. Dalam hal ini, ada pesan dari Rasulullah agar jangan meninggalkan ulama. Akan tetapi, harus mengikuti ulama agar supaya mendapatkan ajaran dan petunjuk agama yang benar. Seperti yang diketahui kita bersama bahwa, ulama menempati posisi yang sangat penting bagi masyarakat. Karena memiliki otoritas yang tidak hanya di bidang keagamaan, sosial, politik tetapi juga pendidikan. Lembaga pendidikan tersebut seperti; kuttab, masjid, madrasah dan lain-lain adalah sumbangsih ulama. Fokus penelitian ini adalah 1.) Bagaimana Peran K.H.Abdul Kholik Khobir Sebagai Pendidik dalam Meningkatkan Kesadaran Pendidikan Terhadap Masyarakat Dikecamatan Rambipuji Kabupaten Jember ? 2.) Bagaimana Peran K.H.Abdul Kholik Khobir sebagai da’i dalam meningkatkan kesadaran pendidikan terhadap masyarakat Di Kecamatan Rambipuji ? Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan 1.) Peran K.H.Abdul Kholik Khobir sebagai pendidik dalam meningkatkan kesadaran pendidikan terhadap masyarakat dikecamatan rambipuji 2.) Peran K.H.Abdul Kholik Khobir sebagai Da’i dalam meningkatkan kesadaran pendidikan terhadap masyarakat Di Kecamatan Rambipuji. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) penelitian ini memaparkan danmenggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi di lapangan untuk mendapatkan informasi. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, (data reduction), penyajian data ( data display ), dan penarikan kesimpulan (verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini : 1) peran K.H.Abdul Kholik Khobir sebagai pendidik dalam meningkatkan kesadaran pendidikan terhadap masyarakat di Kecamatan Rambipuji yaitu : a). mendirikan lembaga pendidikan sehingga masyarakat Rambipuji mau menyekolahkan putra dan putrinya di lembaga pendidikan tersebut untuk menuntut ilmu. b). menjadi pengajar di pondok pesantren untuk para santrinya dan para masyarakat untuk belajar. 2) peran K.H.Abdul Kholik Khobir sebagai da’i dalam meningkatkan kesadaran pendidikan terhadap masyarakat di Kecamatan Rambipuji yaitu : a). memberikan pengajian dan memotivasi agar mau belajar meskipun sudah lanjut usia, dan juga memberikan ceramah agama yang bersangkut paut dengan pendidikan. b). x menjadi seorang pendakwah yang mampu mendidik masyarakatnya agar tidak putus asa dalam belajar karna pentingnya menuntut ilmu dan sadar akan pendidikan itu sangatlah penting. Dan menjadi ulama’ yang dapat bertanggung jawab terhadap masyarakatnya agar menjadi motivator untuk menyadarkan bahwa pendidikan itu penting. Dan menyebar luaskan amar ma’ruf nahi munkar juga risalah-risalah kenabian yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan juga para penerusnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:09 |
Last Modified: | 23 May 2022 04:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3999 |
Actions (login required)
View Item |