Safitri, Desi Duwi (2025) Efektivitas Pelayanan Pegadaian Digital Service Dalam Melayani Transaksi Produk Gadai Dan Non Gadai Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Bondowoso. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 015 PS 2025)
Desi Duwi Safitri_T212105010012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Desi Duwi Safitri, Aminatus Zahriyah, 2024: Efektivitas Pelayanan Aplikasi
Pegadaian Digital Service Dalam Melayani Transaksi Produk Gadai Dan Non
Gadai Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Bondowoso.
Kata Kunci: Efektivitas, Pegadaian Digital Service, Gadai dan Non Gadai
Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) digunakan oleh PT. Pegadaian
(Persero) Cabang Bondowoso untuk meningkatkan kualitas pelayanan nasabah.
Sebagai pelayanan baru, PDS diharapkan mempermudah transaksi digital.
Namun, dalam penerapannya, penggunaan PDS masih rendah, terutama dalam
transaksi gadai. Data menunjukkan bahwa jumlah nasabah yang memanfaatkan
pelayanan digital masih belum sebanyak yang diharapkan. Hal ini menunjukkan
bahwa meskipun pelayanan digital menawarkan kemudahan dan efisiensi, masih
terdapat berbagai kendala yang menghambat adopsinya.
Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pelayanan dan kendala pada
aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dalam transaksi gadai dan non gadai di
PT. Pegadaian (Persero) cabang Bondowoso dan 2). Bagaimana efektivitas
pelayanan Pegadaian Digital Service (PDS) pada transaksi gadai dan non gadai di
PT. Pegadaian (Persero) cabang Bondowoso.
Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk Mengetahui pelayanan dan kendala
pada aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) dalam transaksi gadai dan non
gadai di PT. Pegadaian (Persero) cabang Bondowoso. 2). Untuk Mengetahui
efektivitas pelayanan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) pada transaksi
gadai dan non gadai di PT Pegadaian (Persero) cabang Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif atau penelitian lapangan karena penelitian dilakukan dengan terjun
langsung ke lapangan untuk memperluas dalam penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah: 1). Pelayanan aplikasi Digital Service
melalui beberapa tahap antara lain: download aplikasi, input nama, nomor hp,
input kode otp, input alamat email, input password, membuka email, dan login.
Adapun kendala pada aplikasi Digital Service yaitu tidak memiki tim khusus
pada bagian penanganan pada aplikasi digital service, sistem error (maintance),
gangguan jaringan. 2). Efektivitas pelayanan pegadaian Digital Service di PT.
Pegadaian (Persero) cabang Bondowoso cukup efektif dan efisien dilihat dari tiga
aspek yaitu: 1). Kualitas pelayanan digital yang telah menyediakan informasi
secara cepat dan tepat serta bermanfaat bagi nasabah. 2). Aplikasi Digital Service
dapat memberikan kemudahan untuk nasabah yang memiliki keterbatasan waktu
untuk datang langsung ke outlet pegadaian. 3). Aplikasi Digital Service mampu
memenuhi harapan nasabah dapat mendorong nasabah untuk memberikan
rekomendasi aplikasi (PDS) ke orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Ms Desi Duwi Safitri |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:34 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |