Maylani, Dian (2025) Penerapan strategi positioning dalam meningkatkan citra merek dan kuantitas penjualan produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahcmad Siddiq Jember.
![]() |
Text (SK 012 PS 2025)
Dian Maylani_211105010008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Dian Maylani, Toton Fanshurna, 2025: Penerapan Strategi Positioning Dalam Meningkatkan Citra Merek Dan Kuantitas Penjualan Produk Cicil Emas Pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali.
Kata Kunci: Strategi Positioning, Citra Merek, Kuantitas Penjulan, Produk Cicil Emas
Strategi positioning mendorong perusahaan untuk menentukan perbedaan dan keunikan dalam promosinya, dengan mempertimbangkan target pasar, sumber daya, kinerja perusahaan, dan persaingan. Penerapan strategi positioning pada produk cicil emas di BSI KCP Jembrana Bali dipilih karena emas merupakan investasi yang menjanjikan. Dengan strategi ini, BSI KCP Jembrana Bali dapat efektif mengomunikasikan identitas dan nilai merek kepada target pasar, membantu nasabah memahami keistimewaan dan keunikan produk cicil emas mereka.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi positioning untuk produk cicil emas di BSI KCP Jembrana Bali? 2) Bagaimana penerapan strategi positioning dalam meningkatkan citra merek produk cicil emas pada BSI KCP Jembrana Bali? 3) Bagaimana penerapan strategi positioning dalam meningkatkan kuantitas penjualan produk cicil emas pada BSI KCP Jembrana Bali?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengeksplorasi strategi positioning untuk produk cicil emas di Bank Syariah KCP Jembrana Bali. 2) Mendeskripsikan penerapan strategi positioning dalam meningkatkan citra merek produk cicil emas di Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali. 3) Mendeskripsikan penerapan strategi positioning dalam meningkatkan kuantitas penjualan produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Jembrana Bali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan pada BSI KCP Jembrana Bali yang bertempat di kota Negara, Kabupaten Jembrana, Bali. Penentuan informan menggunakan teknin purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Cicil Emas di BSI KCP Jembrana Bali menawarkan investasi emas syariah dengan tenor fleksibel, harga kompetitif, dan transparansi biaya. Cocok untuk pegawai tetap dan ibu rumah tangga, produk ini didukung PT Antam, menjadikannya lebih menarik dibanding pesaing. 2) BSI KCP Jembrana Bali menonjolkan prinsip syariah, keamanan, dan kemudahan akses untuk memperkuat citra merek Cicil Emas, didukung inovasi seperti layanan BYOND dan reputasi sebagai lembaga syariah terpercaya. 3) BSI KCP Jembrana Bali meningkatkan penjualan Cicil Emas melalui seminar, media sosial, dan kerja sama dengan agen terpercaya. Strategi ini berhasil melampaui target penjualan bulanan Rp 1 Miliar di 2023, menunjukkan konsistensi dalam pertumbuhan omzet meskipun ada fluktuasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi positioning; citra merek; penjualan; cicil emas |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mis DIAN MAYLANI |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:27 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 02:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |