Analisis Self Service Technology Terhadap Loyalitas Mahasiswa Pengguna Layanan Digital Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Kholifah, Risma Nur (2025) Analisis Self Service Technology Terhadap Loyalitas Mahasiswa Pengguna Layanan Digital Bank Rakyat Indonesia (BRI). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 011 PS 2025)
Risma Nur Kholifah_214105010002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Loyalitas
Kemajuan transaksi digital di bank dapat mengalami perubahan yang tidak menentu, namun layanan perbankan tetap bertujuan agar dapat memberi kenyamanan serta pelayanan terbaik untuk nasabahnya. BRI merupakan bank yang paling banyak menggunakan layanan digital. Oleh karena itu, penerapan teknologi Self Service Technology diharapkan dapat meningkatkan loyalitas masyarakat serta memberikan kemudahan dan efisiensi bagi nasabah dalam bertransaksi sehari-hari tanpa harus datang ke bank.
Rumusan masalah penelitian adalah 1) Apakah self-service technology berupa ATM berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI ? 2) Apakah self-service technology berupa mobile banking berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI ? 3) Apakah self-service technology berupa internet banking berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI ? 4) Apakah self service technology berupa ATM, mobile banking, internet banking, berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh self-service technology berupa ATM berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI. 2) untuk mengetahui pengaruh self-service technology berupa mobile banking berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI. 3) untuk mengetahui pengaruh self-service technology berupa internet banking berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI. 4) untuk mengetahui pengaruh self service technology berupa ATM, mobile banking, internet banking, berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik non probability sampling. Sedangkan penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) self service technology berupa ATM tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI, 2) self service technology berupa mobile banking berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa. 3) self service technology berupa internet banking tidak memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI,
4) Secara simultan ketiga variabel bebas berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa pengguna layanan digital BRI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms Risma Nur Kholifah
Date Deposited: 11 Mar 2025 06:12
Last Modified: 16 Apr 2025 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/40004

Actions (login required)

View Item View Item