HIDAYATUR, RAHMA (2021) Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
HIDAYATUR RAHMA_T20174035.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hidayatur Rahma 2021: Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember 2020/2021 Kata Kunci: Penerapan, Media Audio Visual, Pembelajaran Fiqih Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An Nur Ajung Jember mencetak peserta didik berakhlakul karimah, berprestasi, disiplin, dan berbudaya lingkungan melalui rencana pembelajaran yang terstruktur dan terarah khususnya materi sholat melalui media audio visual terhadap pemahaman siswa kelas II dilaksanakan dengan memperhatikan karakter siswa agar kegiatan pembelajaran terlaksana dalam suasana kondusif dan menyenangkan. Terencana pembelajaran terlaksana dengan baik didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, sehingga pesan bisa diterima dengan baik dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan, siswa bisa melaksanakan ibadah dengan benar dan senang untuk melaksanakan kegiatan bersifat sunnah apalagi wajib, serta dapat meningkatkan ibadah siswa Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An Nur Ajung Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Penerapan Pembelajaran Melalui Media Audio Visual terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember Tahun 2020/2021 2) Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Pembelajaran Melalui Media Audio Visual terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember Tahun 2020/2021 3) Bagaimana Evaluasi Penerapan Pembelajaran Melalui Media audio terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II MI Al Barokah An Nur Ajung Jember 2020/2021. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fail riseart. Penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan kondensasi Data (Condensation), Penyajian Data (Display), Penarikan Kesimpulan (Conclusions Drawing). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru menyusun jadwal materi selama satu semster 2) pelaksanaan pembelajaran guru melaksanakan berbagai praktikum 3) untuk mengukur daya serap siswa evaluasi dilakukan oleh guru melalui hafalan doa-doa sholat, praktek, serta tes formatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 23 May 2022 04:09 |
Last Modified: | 23 May 2022 04:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4004 |
Actions (login required)
View Item |